Efektifitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Saat Pandemi Covid-19

Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Masalah tersebut diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Lingkungan Sekolah. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan tipe cross-sectional. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X MIPA 1. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui zoom cloud meeting. Penelitian dilakukan dengan terlebih dahulu mengadakan survey kepada siswa mengenai penerapan pembelajaran daring. Dengan  menggunakan google form, analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar dan motivasi untuk  lebih aktif dalam  belajar dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian siswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring yaitu lemahnya pengawasan terhadap siswa, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota. keuntungan lain dari pembelajaran daring adalah peningkatan kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mengemukakan gagasan serta pertanyaan.

Keywords


Pembelajaran Daring; Aplikasi Zoom; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Aina, M. (2016).Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa SMA Kelas XI MIA.Biodik,2(1).

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Siswa.MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Anggereini, E. (2017). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment).BIODIK, 3(2),81-91.

https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499

Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017).Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Siswa.Jurnal Gantang, 4(2), 111-

https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560

Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., ... Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures. Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371

Caley, P., Philp, D. J., & McCracken, K. (2008).Quantifying social distancing arising from pandemic influenza.Journal of theRoyal Society Interface .https://doi.org/10.1098/rsif.2007.1197

Chan, N. N., Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An exploration of students’ lived experiences of using smartphones in diverse learning contexts using a hermeneutic phenomenological approach. Computers and Education .https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2014.11.001

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile .Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung DjatiBandung.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-

Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Garrison, D. R., & Cleveland-Innes, M. (2005).in Online Learning : Interaction Is Not Enough.

American Journal of Distance Education.https://doi.org/10.1207/s15389286ajde1903

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in highereducation: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education.https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002

Gokfearslan, §., Mumcu, F. K., Ha§laman, T., & £evik, Y. D. (2016). Modelling

smartphone addiction: The role of smartphone usage, self-regulation, general self-efficacy and cyberloafing in university students. Computers in Human Behavior.https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.091

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century .Journal of Information Systems Education.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kim, Y., Wang, Y., & Oh, J. (2016). Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students.Cyberpsychology,Behavior, and Social Networking.https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0408

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011).Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education.Procedia - Social and Behavioral Sciences.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Kumar, V., & Nanda, P. (2018).Social Media in Higher Education.International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Indonesian Language Education and

Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820

Lau, W. W. F. (2017). Effects of social media usage and social media multitasking on the academic performance of university students.Computers in Human Behavior.https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.043

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994).Qualitative Data Analysis SecondEdition.

SAGE Publications.

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences:SecondEdition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4

Molinda, M. (2005), Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education.https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.

Naserly, M. K. (2020). IMPLEMENTASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN WHATSAPP GROUP DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (StudiKasus

Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sekolah Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). PENGGUNAAN APLEN (APLIKASI ONLINE) SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 1, No. 01)

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas.TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(1).

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., Surahman, E., and Ridwan, I.M. (2021). Digital literacy and cognitive abilities of preservice physics

teacher in physics for school course using LMS3: How are the both correlated?. Journal of Physics Conference Series, (2098). 1-6. doi:10.1088/1742-6596/2098/1/012011

Rizaldi, Dedi Riyan, dkk, 2020, Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Mata Kuliah Mekanika dan Termostatistika saat Pandemi COVID-19 http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/index,

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2), 131-138.https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590

Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020).Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0.Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18-28.

https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016).Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects.International Journal of Computer Applications Technology and Research.https://doi.org/10.7753/ijcatr0502.1006

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016Zj.iheduc.2016.06.001

Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful eLearning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction.Computers and Education.https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2006.11.007

Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning.

Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428

Swan, K. (2002). Building Learning Communities in Online Courses: the importance ofinteraction. Education, Communication & Information. https://doi.org/10.1080/1463631022000005016

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v4i1.5000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIFFRACTION

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats