Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif Materi Usaha Dan Energi Pada Mata Pelajaran Fisika SMA/MA

Kartika Wulandari, Muhimmatul Khoiroh, Suci Prihatiningtyas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas instrumen butir soal fisika yang dikembangan pada materi usaha dan energi dilihat dari validitas, reliabilitas, taraf kesukaran butir soal, dan daya pembeda butir soal. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D (research and development) dengan 9 langkah menggunakan model Borg & Gall. Hasil analisis butir soal pada kelompok kecil dengan jumlah responden 16 peserta didik menghasilkan 14 butir soal valid dari 25 butir soal yang disusun dengan tingkat koefisien reliabilitas sebesar 0,908 dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran butir soal diperoleh proporsi 12% dengan kategori sulit, 28% dengan kategori sedang, dan 60% dengan kategori mudah. Daya pembeda butir soal diperoleh proporsi sebesar 20% dengan kategori baik dan 40% dengan kategori cukup. Hasil analisis butir soal pada kelompok besar dengan jumlah responden 43 peserta didik menghasilkan 11 butir soal valid dari 14 butir soal uji coba kelompok kecil dengan tingkat koefisien reliabilitas sebesar 0,753 dengan kategori tinggi. Tingkat kesukaran butir soal diperoleh proporsi sebesar 0% dengan kategori sulit, 21,42% dengan kategori sedang, dan 78,57% dengan kategori mudah. Daya pembeda butir soal diperoleh proporsi sebesar 21,42% dengan kategori baik dan 42,85% dengan kategori cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah butir soal layak digunakan untuk penilaian formatif.

Keywords


Fisika; Instrumen Penilaian Formatif; Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References


Malik, A., Rosidin, U., dan Ertikanto, C. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Hots Fisika Sma. Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 3(1):11.

Anthony, J. (1996). Educational Assessment Of Students: Prentice-Hall Order Processing Center.

Budiman, D. M., Gumilar, S., dan Rizal, R. (2018). Focus, Explore, Reflect and Apply (FERA) Learning Model: Developing Science Process Skills for Pre-Service Science Teachers. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 3 (2),131-139.

Daud, M dan Ukhrawi, I. (2018). Hubungan Antara Pengelolaan Kelas Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Ende. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1):30.

Nasution, A. G. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan T.P 2020/2021. Universitas Negeri Medan, 2.

Ningsih, L. K. dan Djumali (2020). Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA Di Kedungwungu Indramayu. Skripsi thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 3.

Nurhayati, D. F. S dan Assegaf, S. L. H. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Ketrampilan Proses Sains Pada Materi Fisika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, 17(2): 146.

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., dan Siahaan, P. (2020). Digital Literacy Test: Development of Multiple Choice Test for Preservice Physics Teachers. International Journal of Advanced Science and Technology. 29 (3). 7085 – 7095.

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., dan Siahaan, P. (2022). Learning Management System Supported Smartphone (LMS3): Online Learning Application In Physics For School Course To Enhance Digital Literacy Of Pre-Service Physics Teachers. Journal of Technology and Science Education. 12(1), 191-203.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utama, R., Santyasa, I.W. dan Rapi, N.K. (2017). Pengelolaan Kelas Bagi Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Semarapura: Dampak Kualitatifnya Dalam Perbaikan Kualitas Proses Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2): 143.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.6216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats