Rekonstruksi Video Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance Elementary School Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261-267.
Amri, M. S., Sudjimat, D. A., & Nurhadi, D. (2020). Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK. Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(1), 41-50.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Baharin, N., Kamarudin, N., & Manaf, U. K. A. (2018). ntegrating STEM Education Approach in Enhancing Higher Order Thinking Skills. International Journal of Academic Research in Bussiness, and Social Sciences, 8(7), 810-822.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video. Al Ibtida, 3(20), 116–137.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. National Science Teachers Association Press.
Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd ed.). Sense Publisher.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
Fitriyani, A., Toto, & Erlin, E. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1–6.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 21-225. https://media.neliti.com/media/publications/120523-ID-pengaruh-penggunaan-multimedia-interakti.pdf
Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1719
Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis STEM Problem Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14.
Periangan, B. (2011). Perancangan Media Interaktif Belajar Mengenal angka Bagi Anak Prasekolah. Universitas Komputer Indonesia.
Putra, I. A., Ludiana, Y., & Wulandari, A. (2021). Reconstruction of STEM-Based Learning Videos on Topics of Escherichia coli Bacteria. APPLICATION: Applied Science in Learning Research, 1(2), 106–112.
Putra, I. A., Luyunah, L., Pea, O., & Meishanti, Y. (2021). BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis STEM tentang Bakteri Escherichia coli. J B E, 6(3), 270–280. https://jurnal.unimor.ac.id/JBE/index
Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., Surahman, E., and Ridwan, I.M. (2021). Digital literacy and cognitive abilities of preservice physics teacher in physics for school course using LMS3: How are the both correlated?. Journal of Physics Conference Series, (2098). 1-6. doi:10.1088/1742-6596/2098/1/012011
Salsabila, F., & Ghullam, H. (2020). Pengembangan Mobile Learning Video Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066
Santika, D. A., Mulyana, E. H., & Nur, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 171–184. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27207
Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., & Pratiwi, R. D. (2016). PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 7 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 946–952.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Sukmana, R. W. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798
Sunandar, Y., Aulia, T. W., Widodo, M.N., & Rizal, R. (2022). Perancangan Kipas Angin Multifitur Menggunakan Sensor Ultrasonik. Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia. 4 (1), 45-54.
Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.
Wayan Sukanta, Syarwani Ahmad, S. A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun Terhadap hasil Pelestariannya Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Belitang III Kabupaten Oku Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Jurnal Swarnabhumi, 2(1), 24.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.6248
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ino Angga Putra, Nana Russitta, Kartika Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international