Rekonstruksi Video Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM)

Ino Angga Putra, Nana Russitta, Kartika Wulandari

Abstract


Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di bidang Pendidikan mengalami beberapa inovasi dalam pembelajarannya, salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kelayakan video PjBL berbasis STEM untuk pembelajaran Fisika materi hukum kekekalan energi dan mendeskripsikan respon peserta didik setelah pembelajaran video PjBL berbasis STEM untuk pembelajaran Fisika materi Hukum Kelekalan Energi. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan kelayakan produk hasil pengembangan. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi untuk validator dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan produk yaitu 96,11% dengan kriteria sangat layak dan persentase respon peserta didik yaitu 82,14% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan kriteria tingkat kelayakan dan respon peserta didik maka media Video PjBL berbasis STEM kelas X IPA pada materi Hukum Kekekalan Energi Mekanik dalam kualifikasi sangat layak digunakan untuk media pembelajaran peserta didik.

Keywords


Project Based Learning (PjBL); STEM Hukum Kekekalan Energi Mekanik; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance Elementary School Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261-267.

Amri, M. S., Sudjimat, D. A., & Nurhadi, D. (2020). Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK. Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(1), 41-50.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Baharin, N., Kamarudin, N., & Manaf, U. K. A. (2018). ntegrating STEM Education Approach in Enhancing Higher Order Thinking Skills. International Journal of Academic Research in Bussiness, and Social Sciences, 8(7), 810-822.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video. Al Ibtida, 3(20), 116–137.

Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. National Science Teachers Association Press.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd ed.). Sense Publisher.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.

Fitriyani, A., Toto, & Erlin, E. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1–6.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 21-225. https://media.neliti.com/media/publications/120523-ID-pengaruh-penggunaan-multimedia-interakti.pdf

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1719

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis STEM Problem Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14.

Periangan, B. (2011). Perancangan Media Interaktif Belajar Mengenal angka Bagi Anak Prasekolah. Universitas Komputer Indonesia.

Putra, I. A., Ludiana, Y., & Wulandari, A. (2021). Reconstruction of STEM-Based Learning Videos on Topics of Escherichia coli Bacteria. APPLICATION: Applied Science in Learning Research, 1(2), 106–112.

Putra, I. A., Luyunah, L., Pea, O., & Meishanti, Y. (2021). BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis STEM tentang Bakteri Escherichia coli. J B E, 6(3), 270–280. https://jurnal.unimor.ac.id/JBE/index

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., Surahman, E., and Ridwan, I.M. (2021). Digital literacy and cognitive abilities of preservice physics teacher in physics for school course using LMS3: How are the both correlated?. Journal of Physics Conference Series, (2098). 1-6. doi:10.1088/1742-6596/2098/1/012011

Salsabila, F., & Ghullam, H. (2020). Pengembangan Mobile Learning Video Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066

Santika, D. A., Mulyana, E. H., & Nur, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 171–184. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27207

Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., & Pratiwi, R. D. (2016). PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 7 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 946–952.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Sukmana, R. W. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798

Sunandar, Y., Aulia, T. W., Widodo, M.N., & Rizal, R. (2022). Perancangan Kipas Angin Multifitur Menggunakan Sensor Ultrasonik. Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia. 4 (1), 45-54.

Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.

Wayan Sukanta, Syarwani Ahmad, S. A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun Terhadap hasil Pelestariannya Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Belitang III Kabupaten Oku Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Jurnal Swarnabhumi, 2(1), 24.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.6248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ino Angga Putra, Nana Russitta, Kartika Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats