Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis PJBL-STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Hukum Kekekalan Energi

Ino Angga Putra, Muhamad Dzikrulloh Avivudin, Novia Ayu Sekar Pertiwi

Abstract


Kurikulum 2013 menekankan pada student centered learning (pembelajaran yang berpusat pada peserta didik) sehingga pembelajaran itu menjadi inspiratif, dan  menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah pembelajaran video pembelajaran berbasis PjBL-STEM untuk pembelajaran fisika materi hukum kekekalan energi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA Al-Azar. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas X IPA MA Al-Azar sejumlah 15 peserta didik. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penilaian pra proyek dan hasil proyek, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif melalui uji independent sample T Independent T test yaitu uji komparatif atau uji beda untuk mengetahui adakah perbedaan mean atau rerata yang bermakna antara 2 kelompok bebas yang berskala data interval atau rasio.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan oleh peserta didik sebesar 82% dengan -t hitung < -t tabel yakni -0,67 < 4,3027. Video pembelajaran berbasis PjBL-STEM dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran di dalam kelas.

Keywords


Video Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267.

Astra, I. M., & Wahidah, R. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Guided Discovery Learning Kelas XI MIPA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 181–190. https://doi.org/10.21009/1.03209

Baharin, N., Kamarudin, N., & Manaf, U. K. A. (2018). ntegrating STEM Education Approach in Enhancing Higher Order Thinking Skills. International Journal of Academic Research in Bussiness, and Social Sciences, 8(7), 810–822.

Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. National Science Teachers Association Press.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd ed.). Sense Publisher.

Dellinger, R., Levy, M., Rhodes, A., Annane, D., Gerlach, H., & Opal, S. (2013). Surviving Sepsis Campaign: international guidelines for management of severe sepsis and septic shock, 2012. Intensive Care Med, 39(2), 165–228.

Ercan, S., Bozkurtaltan, E., Tastan, B., & Dag, İ. (2016). Integrating GIS into Science Classes to Handle STEM Education. Journal of Turkish Science Education, 13, 30–43.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.

Fitriyani, A., Toto, & Erlin, E. (2020). Implementasi Model PjBL-STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1–6.

Gok, T. (2021). The development of the stem (Science, technology, engineering, and mathematics) attitude and motivation survey towards secondary school students. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 9(1), 105–119. https://doi.org/10.23947/2334-8496-2021-9-1-105-119

Heriawan, A., Darmajari, & Senjaya, A. (2012). Metodologi Pembelajaran: Kajian Teoritis Praktis Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. LP3G.

Heru, N., Wagiran, W., & Daryono, R. W. (2021). Chassis Maintenance and Vehicle Power Transfer Learning: The Effectiveness of STEM on Students’ Critical Thinking Ability. Journal of Education Technology, 5(4), 588–595. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.40534

Irwandani, & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi,’ 5(1), 33–42.

Kemp, J. E., & Dayton, D. K. (1985). Planning & Producing Instructional Media. New York: Cambridge Harper & Row.

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1719

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis STEM Problem Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14.

Priana, R. Y. S. (2017). Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 313–316. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=2007&q=Pemanfaatan+Vlog+sebagai+Media+Pembelajaran+Terintegrasi+Tekhnologi+Informasi&btnG=

Putra, I. A., Ludiana, Y., & Wulandari, A. (2021). Reconstruction of STEM-Based Learning Videos on Topics of Escherichia coli Bacteria. APPLICATION: Applied Science in Learning Research, 1(2), 106–112.

Putra, I. A., Luyunah, L., Pea, O., & Meishanti, Y. (2021). BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis STEM tentang Bakteri Escherichia coli. J B E, 6(3), 270–280. https://jurnal.unimor.ac.id/JBE/index

Ria, M., & Rabiatul, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 255–262.

Santika, D. A., Mulyana, E. H., & Nur, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 171–184. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27207

Sari, E. Y. (2019). Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 16–22.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Tripathi, P. N. (2009). Problem Solving in Mathematics: A Tool for Cognitive Development. Proceedings of EpiSTEME 3, 168–173.

Yuliana, C. (2020). Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna di Masa Pandemi.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.6380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ino Angga Putra, Muhamad Dzikrulloh Avivudin, Novia Ayu Sekar Pertiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats