Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Praktikum Berbantuan Alat Peraga Ayunan Bandul Sederhana

Novita Wulandari, Riki Perdana

Abstract


Rendahnya keterampilan proses sains dapat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran dan berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan perangkat pembelajaran fisika sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi getaran harmonis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Educational Research and Development dengan model 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode simpangan baku ideal (SBi). Hasil uji kelayakan diperoleh rata-rata skor 3,65 untuk RPP; 3,68 untuk LKPD; dan 3,89 untuk instrumen penilaian tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, perangkat pembelajaran fisika yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat layak diterapkan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi getaran harmonis.

Keywords


Cooperative learning; Getaran harmonis; Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Alfiliansi, A., Ismaimuza, D., & Rochaminah, S. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan blok aljabar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(2).

Fatmi, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 47-52.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Harianja, W., & Anwar, M. (2021). Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Mini Project Design pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 218-225.

Hasmiati, H., Jamilah, J., & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan metode praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud

Kurnia, R. D., Ibrahim, A., & Ruskan, E. L. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom Unsri Berbasis E-learning (Studi Kasus: Matakuliah Pemrograman Web, Jurusan Sistem Informasi Fasilkom. JSI: Jurnal Sistem Informasi, 6(1).

Maison, A., Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi sikap siswa sma negeri pada mata pelajaran

fisika. Edusains, 10(1), 160-167. Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika, 45.

Markawi, N. (2015). Pengaruh keterampilan proses sains, penalaran, dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar

fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72-80.

Nasional, D. P. (2016). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Nasution, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based

Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Doctoral dissertation, UNIMED.

Nismalasari, N., Santiani, S., & Rohmadi, M. (2016). Penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran harmonis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2).

Prayogi, H. S., Harijanto, A., & Mahardika, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Sumbersuko. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 34-39.

Rahmawati, R., & Haryani, S. (2014). Penerapan praktikum berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Sulastri, I., Sahala, S., & Mursyid, S. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains tentang Gerak Harmonis Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9).

Sunandar, Y., Aulia, T. W., Widodo, M.N., & Rizal, R. (2022). Perancangan Kipas Angin Multifitur Menggunakan Sensor Ultrasonik. Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia. 4 (1), 45-54.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Yuliani, H. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis (Studi pada Materi Pembelajaran Fluida Statis untuk Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Jakenan Pati T. Doctoral dissertation, UNS.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.6409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Wulandari, Riki Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats