Implementasi Google Classroom Selama Pandemi Covid-19: Analisis Persepsi Mahasiswa dalam Perkuliahan Daring Sejarah Fisika

Dwi Sulistyaningsih, Rahmat Rizal, Ernita Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Google Classroom beserta implikasinya terhadap motivasi dan hasil belajar pada perkuliahan daring Sejarah Fisika di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah Sejarah Fisika berjumlah 44 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 32 perempuan dengan rentang usia 19-21 tahun. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa angket persepsi mahasiswa yang diseminasikan melalui Google Form. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil persentase kemudian diinterpretasikan berdasarkan tabel kriteria persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom beserta implikasinya terhadap motivasi dan hasil belajar pada perkuliahan daring Sejarah Fisika mendapatkan persentase masing-masing 79% dan 79.8% pada kategori baik. Dengan demikian penggunaan Google Classroom dalam perkuliahan Sejarah Fisika cukup efektif dalam memberikan motivasi dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Keywords


Persepsi Mahasiswa, Google Classroom, Sejarah Fisika, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Aziza, L., Aqmarina, A., & Ihsan, M. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). In Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). https://covid19.go.id/p/protokol/pedoman-pencegahan-dan-pengendalian-coronavirus-disease-covid-19

Cho, W., Jung, Y., & Im, J. H. (2014). Students’ Evaluation of Learning Management System in The Personal Computer and Smartphone Computing Environment. Internastional Journal of Mobile Communication, 12(2), 142–159. https://doi.org/10.1504/IJMC.2014.059735

Costa, A. L. (1985). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. In Adolescence (3rd ed.). ASCD Publication.

Engel, V. J. L. (2019). Google Classroom for Teaching & Evaluation. ITHB. elearning.ithb.ac.id

Fadli, R. (2020). Begini Kronologi Lengkap Virus Corona Masuk Indonesia. https://www.halodoc.com/kronologi-lengkap-virus-corona-masuk-indonesia

Kidney, G. W., & Puckett, E. G. (2003). Rediscovering First Principle Through Online Learning. Quarterly Review of Distance Education, 4(3), 203–212.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal, 2(1), 50–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/2615-7667.211

Nizam. (2020). Pencegahan Penyebaran COVID-19 Di Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/. http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id

Oka, G. P. A. (2019). Persepsi Mahasiswa STKIP Citra Bakti Terhadap Kelas Virtual Berbasis Google Classroom. IMEDTECH, 3(1), 85–95. https://core.ac.uk/download/pdf/211833861.pdf

Mahmudah, I. R., Maulidah, R., & Sulistyaningsih, D. (2022). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika: Analisis Projek Pengamatan Sunspot dalam Pembelajaran IPBA. Diffraction, 3(2), 49–55. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4476

Priyadi, R. (2020). Kebijakan Terkait Pandemi Covid-19 di Lingkungan Universitas Siliwangi. Https://Unsil.Ac.Id. https://unsil.ac.id/category/Pengumuman/page/2/

Riduwan. (2008). Belajar Mudah untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., & Siahaan, P. (2020). The Digital Literacy of The First Semester Students in Physics Education. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3293

Rizal, R., Setiawan, W., & Rusdiana, D. (2019). Digital literacy of preservice science teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022058

Rosdiana, L. A., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Google Classroom Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Sematik, 9(1), 35–40. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX

Saifuddin, A. (2015). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Stappenbelt, B. (2010). The Influence of Action Learning on Student Perception and Performance. Australasian Journal of Engineering Education, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.1080/22054952.2010.11464042

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Supriyadi. (2010). Teknologi Pembelajaran Fisika. Jurdik Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.

Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29040




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v4i2.6650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats