Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Gerak Parabola

Purnama Ainun Nisa, Endang Surahman, Rifaatul Maulidah

Abstract


Hasil studi pendahuluan menemukan bahwa kurangnya motivasi peserta didik dalam mencari sumber belajar madiri, minat membaca, dan memahami konsep fisika menyebabkan capaian hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Temuan tersebut perlu dibuktikan lebih jauh dengan data terkait hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket (kuesioner), tes hasil belajar kognitif, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMAN 5 Tasikmalaya yang berjumlah 253 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan sampel yang digunakan sebanyak 106 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua, yakni hasil belajar kognitif peserta didik sebagai variabel terikat (Y) dan motivasi belajar peserta didik sebagai variabel bebas (X). Angket motivasi belajar dan soal tes hasil belajar kognitif dibagikan secara online menggunakan program Google Form, kemudian untuk proses analisis data menggunakan program Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gerak parabola dengan kategori sedang yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0.523 dengan tingkat hubungan sebesar 27% yang berarti sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


hasil belajar kognitif; materi gerak parabola; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., . . . Wittrock, M. C. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching And Assesing (Revision Of Bloom's Taxonomy Of Educational Objectives). New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Andini, L. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi: Skripsi.

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, B. S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa (Jppipa), P-Issn : 2460-2582 | E-Issn : 2407-795x (4(1)).

Gumilar, H. S. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group To Group Exchange Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa Smk. Universitas Pendidikan Indonesia: Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana.

Kholifah, N. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Mi Ismaria Al-Qur’aniyyah. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeriraden Intan Lampung: Skripsi.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pt Refika Aditama.

Mcclelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowel, E. L. (1976). The Achievement Motive. New York: Irvington.

Nurmaliza, Handayani, F., Wijaya, N. E., & Agustin, S. (2020). Korelasi Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 14, No. 2, Desember 2020, Pp. 174-180.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, B., & Azam, M. (2016). Buku Siswa Fisika 1 Untuk Kelas X Sma Dan Ma. Solo: Pt. Wangsa Jatra Lestari.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Siswanto, & Suyanto. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Korelasional. Klaten: Bossscript.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika; Jurusan Pmipa, Fkip, Universitas Jember, Volume18, Nomor 1, Juni 2016, Hlm. 59 – 63.

Supardi. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Susanti, L. (2015). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Tohir, M. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi: Skripsi.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus Iain Palopo.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v4i2.6730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Purnama Ainun Nisa, Endang Surahman, Rifaatul Maulidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats