Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif GEMBI untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Salsabilla Fauziah Idris, Herni Yuniarti Suhendi

Abstract


Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif Gembi bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran dengan media Gembi, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Gembi. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE. Sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 21 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, LKPD berbasis AABTLT with SAS, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran interaktif Gembi sangat layak, keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan dengan media pembelajaran interaktif Gembi berlangsung secara efektif, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif Gembi dapat diterapkan pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi

Keywords


media pembelajaran fisika interaktif, berpikir kritis, konsep gelombang bunyi

Full Text:

PDF

References


Dewi, L., Susilawati, S., & Kurniawan, W. (2020). Pengaruh media lectora inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi difraksi dan interferensi gelombang mekanik kelas XI SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 20–26.

Ennis, R. (2013). Critical thinking across the curriculum: The Wisdom CTAC Program. Inquiry: Critical Thinking across the Disciplines, 28(2), 25–45.

Gartini, N. G. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inkuiri Sosial Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD (Studi Eksperimen Kuasi pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 164–171.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Khasanah, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2).

Liliana, R. A., Raharjo, W., & Jauhari, I. (2020). The development of interactive learning media with lectora inspire in gas kinetic theory subject to improve the result and students’ interest of the eleventh grade students of senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3), 32092.

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas x akuntansi dan keuangan lembaga smk negeri 1 tempel tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111.

Muttaqin, M. Z., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Multimedia Lectora Inspire untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 495–511.

Primadona, H. (2018). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LECTORA INSPIRE DAN POWERPOINT PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SMAN 3 MUARO JAMB. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(01), 43–54.

Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir kritis siswa sma pada materi fluida dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162–167.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Saputra, G. Y., Harjanto, A., & Ningsih, Y. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran fisika materi pokok energi di kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 muara badak tahun ajaran 2019/2020. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 2(2), 10–24.

Sitinjak, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA TP 2019/2020. JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, 6(1), 66–71.

Suganda, T., Parno, P., & Sunaryono, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Topik Gelombang Bunyi dan Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 141–150.

Sunandar, Y., Aulia, T. W., Widodo, M.N., & Rizal, R. (2022). Perancangan Kipas Angin Multifitur Menggunakan Sensor Ultrasonik.

Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia. 4 (1), 45-54.

Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan media Lectora Inspire dengan pendekatan kontekstual pada Siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.7460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salsabilla Fauziah Idris, Herni Yuniarti Suhendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats