Tes Kemampuan Pemecahan Masalah pada Tema Perubahan Iklim: Analisis Rasch Model

Irwan Muhammad Ridwan, Ida Kaniawati, Andi Suhandi, Taufik Ramlan Ramalis, Rahmat Rizal, Eko Sujarwanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis instrumen soal kemampuan pemecahan masalah pada tema perubahan iklim . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan mengembangkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah tema perubahan iklim sebanyak delapan soal berbentuk esai. Responden berasal dari 54 mahasiswa pendidikan fisika di salah satu kampus di kota Tasikmalaya. Analisis data menggunakan perangkat lunak (software) Winstep versi 4.00. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu pemodelan Rasch. Hasil analisis dengan pemodelan Rasch menunjukan nilai 0,50 logit untuk person reliability dan 0,98 logit untuk item reliability yang menunjukan bahwa item instrumen yang dibuat termasuk kriteria istimewa. Meskipun ada dua soal S3 dan S7 yang memerlukan perbaikan. Nilai raw variance sebesar 23,4% menunjukan bahwa syarat validitas konstruk data dikotomi terpenuhi, hal ini diperkuat oleh nilai separation 6,61 yang menunjukkan item soal ini mempunyai sebaran respon yang baik dan dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah pada tema perubahan iklim sehingga dapat digunakan untuk penelitian

Keywords


Analisis Rasch; Kemampuan Pemecahan Masalah; Tema Perubahan Iklim

Full Text:

PDF

References


Alnajdi, S. M. (2018). The Effectiveness of Designing and Using a Practical Interactive Lesson Based on ADDIE Model to Enhance Students’ Learning Performances in University of Tabuk. Journal of Education and Learning, 7(6), 212–221.

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2016). The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 857–871.

Awopeju, O. A., & Afolabi, E. R. I. (2016). Comparative Analysis of Classical Test Theory and Item Response Theory Based Item Parameter Estimates of Senior School Certificate Mathematics Examination. European Scientific Journal, 12, 263. https://eujournal.org/index.php/esj/article/view/8180

Baker, R., & Baker, R. (2017). Problem-solving. Agile UX Storytelling: Crafting Stories for Better Software Development, 107–116.

Care, E., Griffin, P., Scoular, C., Awwal, N., & Zoanetti, N. (2015). Collaborative problem solving tasks. Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach, 85–104.

Chang, R. Y. (1998). Step By Step Problem Solving. Pustaka Binaman Pressindo.

Chang, R. Y., Kelly, P. K., & Chang, R. Y. (1993). Step-by-step problem solving: A practical guide to ensure problems get (and stay) solved. Richard Chang Associates.

Chusni, M. M., & Suherman, S. (2021). Developing authentic assessment instrument based on multiple representations to measure students ’ critical thinking skills. Momentum: Physics Education Journal, 5(23), 194–208. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mpej.v5i2.5790

Darmawan, M. D., Tarigan, D. E., & Wijaya, A. F. C. (2019). Karakteristik Tes Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Statis berdasarkan Analisis Teori Respon Butir. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 148–154.

Dostál, J. (2015). Theory of Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2798–2805. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.970

Eleje, L. I., Onah, F. E., & Abanobi, C. C. (2018). Comparative Study of Classical Test Theory and Item Response Theory Using Diagnostic Quantitative Economics Skill Test Item Analysis Results. European Journal of Educational & Social Sciences, 3(1).

Eyisi, D. (2016). The usefulness of qualitative and quantitative approaches and methods in researching problem-solving ability in science education curriculum. Journal of Education and Practice, 7(15), 91–100.

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi pembekalan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan pemecahan masalah siswa sma kota bengkulu dalam mata pelajaran fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 25–32.

Kurniawan, B. R., & Taqwa, M. R. A. (2018). Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1451–1457.

Martz, B., Hughes, J., & Braun, F. (2017). Creativity and problem-solving: Closing the skills gap. Journal of Computer Information Systems, 57(1), 39–48.

Mulyani, S., Efendi, R., & Ramalis, T. R. (2021). Karakterisasi tes keterampilan pemecahan masalah fisika berdasarkan teori respon butir. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(1), 1–14.

Nayazik, A. (2017). Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Model IDEAL Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi. 8(2), 182–190.

Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Pengembangan tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan analisis teori respon butir. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 45–50.

Polya, G. (1985). How to Solve it: A New Aspect of Mathematic Method (2nd ed. ). Princenton University Press.

Setyono, A., Nugroho, S. E., & Yulianti, I. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah fisika berbentuk grafik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 32–39.

Sharkness, J., & DeAngelo, L. (2011). Measuring Student Involvement: A Comparison of Classical Test Theory and Item Response Theory in the Construction of Scales from Student Surveys. Research in Higher Education, 52(5), 480–507. https://doi.org/10.1007/s11162-010-9202-3

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch: pada Assessment Pendidikan (I). Trim Komunikata.

UNESCO. (2017). UNESCO moving forward the 2030 Agenda for Sustainable Development.

Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.

Zhang, X., Tang, Q., Liu, X., Leng, G., & Di, C. (2018). Nonlinearity of runoff response to global mean temperature change over major global river basins. Geophysical Research Letters, 45(12), 6109–6116.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.7738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats