Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berintegrasi Kearifan Lokal Menggunakan Kooperatif Tipe STAD untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains

Nuraina Nuraina, Mastuang Mastuang, Dewi Dewantara

Abstract


LKPD yang mengintegrasikan pendekatan pembelajaran dan kearifan lokal menjadi hal yang penting dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan LKPD berintegrasi kearifan lokal dengan pendekatan kooperatif tipe STAD untuk melatihkan keterampilan proses sains dan. Model penelitian dan pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE dimana kelayakan pengembangan yang dilakukan berdasar kepada Validitas dan Kepraktisan produk yang dikembangkan pada materi gelombang cahaya dengan salah satu kearifan lokal “sanja kuning”. Berdasarkan hasil validasi dari ahli menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinilai sangat baik dengan dengan nilai 3,7 dengan kriteria sangat baik dan reliabilitas dengan nilai 0,64 dengan kriteria tinggi. Dengan penerapan LKPD pada pembelajaran dinilai sangat baik berdasarkan keterlaksanaan RPP pada tiga pertemuan menggunakan LKPD yang dikembangkan, hal tersebut didukung dengan respons pengguna dengan rata-rata penilaian sebesar 77,8% dengan kriteria baik, bahwa LKPD yang dikembangkan dapat dinyatakan praktis. Sehingga LKPD berintegrasi kearifan lokal dengan menggunakan kooperatif tipe STAD dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran dan dapat dilanjutkan pada uji keefektifannya dalam melatihkan keterampilan proses sains peserta didik

References


Akbar. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rodakarya.

Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis learning cycle 7E materi sistem sirkulasi pada manusia untuk kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 49–57.

Apertha, F. K. P., Zulkardi, M. Y., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis open-ended problem pada materi segiempat kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Pt. Rineka Cipta.

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw learning models on learning achievements in terms of learning motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524.

Citra, N., Masriani, M., Hadi, L., Sarti, R. P., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Larutan Eleketrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 5(2), 142–148.

Dahar, M. A. (2011). Relationship between the school resource inputs and academic achievement of students at secondary level in Pakistan.

Darmodjo, H., & Kaligis, J. R. (1992). Pendidikan IPA II. Depdikbud.

Dedek, A., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Novilanti, F.R.E., & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. Informatika, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163

Gusliana, G., & Danawan, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. 5(2), 91–100.

Hervyanti, R. A. F., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Collaborative Creativity Untuk Meningkatkan Creative Thinking Skill Pada Materi Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 66–75. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p66-75

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis kepraktisan pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berorientasi blended learning pada materi asam basa. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171–182.

Ismail, I., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2020). Pengembangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 236–246.

Lismawati, L. (2022). Representasi Kearifan Lokal Dan Filosofi Dalam Syair Lagu Banjar (Representation Of Local Wisdom And Philosophy In The Banjar Song Lyric). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 12(2), 342–358.

Lusyana, E., & Lestari, T. K. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele. CV. Azka Pustaka.

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139.

Mahtari, S., Jannah, W., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis hands on activity untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi gelombang cahaya. Ejournal.Upgrisba.

Mellenia, R. P. A., & Admoko, S. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik pembelajaran diskusi berbasis pola argumentasi toulmin untuk melatihkan keterampilan argumentasi dan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 313–327.

Mindawati, T., & Nana, N. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 157–164.

Munaris, M., & Riadi, B. (2018). Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Mesuji terhadap Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Aksara, 19(1).

Pramaditya, N. D., & Ambarwati, R. (2021). Validitas dan Kepraktisan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 158–164.

Rahman, A., Nugroho, A. A., & Roshayanti, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Quantum Teaching Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 4 Koto Baru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 865–877.

Ramadani, E. M., & Nana, N. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa sma: Literature review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1).

Sepriyanti, I., & Yanti, I. R. (2023). Pengembangan Media Macromedia Flash Berbasis Model Konteksual Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Bukit Sundi. 5(2), 80–90.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan. Alfabeta.

Sutanti, Y. A., Suryanti, S., & Supardi, Z. A. I. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SD. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 594–606.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Belajar.

Wulandari, N., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Praktikum Berbantuan Alat Peraga Ayunan Bandul Sederhana. Journal for Physics Education and Applied Physics, 5(1), 17–23. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.8582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur 'aina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats