Pembelajaran Kecerdasan Musik Bagi Siswa: Analisis Perspektif Guru Sekolah Dasar

Dini Mega Hikmah, Siti Khofifatul Mardhiyyah

Abstract


Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan guru sekolah dasar terkait kecerdasan musik serta  perspektif guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa yang memiliki kecerdasan musik. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Teknik analisis statistik deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitiannya adalah guru sekolah dasar dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif dari hasil temuan kuesioner. Hasil penelitian ini terdapat 40 partisipasi guru sekolah dasar yang sebagian besar sudah mengetahui siswa yang memiliki kecerdasan musik serta memberikan penerapan pembelajarannya. Guru berpendapat bahwa kecerdasan musik merupakan suatu kemampuan yang ada pada diri siswa dalam menentukan atau membedakan sebuah melodi, irama, nada serta mampu menggunakan salah satu atau beberapa jenis alat musik. Sistem pembelajaran yang dapat diberikan diantaranya adalah membentuk lingkungan pembelajaran musik, mendengarkan musik, musik untuk membangun keterampilan, menciptakan lagu-lagu dengan mengaitkan materi pelajaran serta membuat instrumen musikal di dalam kelas. Maka dari itu kepada para pendidik dan calon pendidik harus bisa lebih selektif dan teliti dalam mengidentifikasi kecerdasaan yang dimiliki oleh peserta didiknya, karena setiap anak memiliki kecerdasaan yang berbeda-beda dan semuanya menginginkan stimulus yang baik dalam rangka pengembangan kecerdasannya, seperti mengembangkan kecerdasan musikal memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri terhadap tumbuh kembang anak

Keywords


Kecerdasan, musik, sekolah dasar, sistem pembelajaran

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama .

Aldalalah, O. (. (2010). Music Intelligence and Music Theory Learning: A Cognitive Load Theory Viewpoint . International Journal of Psychological Studies , 150-158.

Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran . Bandung: CV Wacana Prima.

Cuadrado, F. (2019). Music and Talent: An experimental project for personal development and well-being through music. International Journal of Music Education, 156-174.

Economidou Stavrou, N., & Chrysostomou, Smaragda, Socratous, H. (2011). Music Learning In The Early Years: Interdisciplinary Approaches Based On Multiple Intelligences. 7(1).

Eminita, V., Ismah, & Muthmainnah, R. N. (2019). Persepsi Orang Tua dan Guru Terhadao Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI, 155-162.

G. Pelayo III, J. M., & Galang, E. (2013). Social and Emotional Dynamics of College Students with Musical Intelligence and Musical Training: A Multiple Case Study. SOCIAL AND PSYCHOLOGICAL RESEARCH UNIT COLLEGE OF ARTS AND SOCIAL SCIENCES.

Hadi, W., Yufiarti, Sumantri, M. S., Marini, A., & Wahyudi, A. (2020). Model of Musical Intelligence for Elementary School Students. International Journal of Advanced Science and Technology, 110-115.

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. עלון הנוטע, 66(3), 37–39.

Krishnan, V., Machleit, K., Kellaris, J., Sullivan, U., & Aurand, T. (2014). Musical intelligence: explication,measurement, and implications for consumerbehavior. Journal of Consumer Marketin, 278 - 289. doi:10.1108/JCM-01-2014-0843

Lestari. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarga egaraan Peserta Didik. ISSN : 2541-6693, 17.

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79. Http://Jurnalnasional.Ump.Ac.Id/Index.Php/Dinamika/Article/View/937/875

Roos, A. R.-d. (2014). Musical Intelligence. Retrieved from https://issuu.com/international-montessori-schools/docs/4-1-musical-intelligence

Setyaningsih, K. D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sd Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19–27. https://doi.org/10.30595/.v1i2.9012

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: Rineka Cipta.

Susan, W. (2000). The Role Of Musical Intelligence In A Multiple Intelligences.

Sutini, S., Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136

Tang, B. (2021). Music Aesthetics To Music Art Practice Based On The Theory Of Multiple Intelligences. 25–27, 1282–1285.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional, Bab XI Pasal 39 Ayat (2)

Virganta, A. L., Kamtini, Nurmaniah, & Tanjung, S. H. ( 2020). Learning Model Based on Multiple Intelligence in Stimulating Musical Intelligence in Children. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2015-2023. doi: https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1432

Widyasari, F. (2018). Musical Intelligence Based Instructions to Teach English to Young Learners. ISSN. 2206-0979, 4.

Yuwono, P. H. (2016). Pengembangan Intelegensi Musikal Siswa Melalui Pembelajaran. Khazanah Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i2.10174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License