ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

Dyta Zahida Nurul Fauzi, Linda Herawati, Yeni Heryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kecerdasan logis matematis, tes kemampuan numerasi, dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari peserta didik kelas VIII SMPN 14 Tasikmalaya yang berjumlah 30 peserta didik. Subjek yang dipilih peneliti berdasarkan hasil angket kecerdasan logis matematis yang memenuhi kategori tinggi, sedang, maupun rendah dan hasil tes kemampuan numerasi peserta didik yang mampu mengerjakan soal tes kemampuan numerasi terlepas dari jawaban benar maupun salah serta mampu memberikan informasi yang lengkap dan jelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan numerasi peserta didik ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi dapat menganalisis masalah dengan mengaitkan fakta dan rumus dari soal statistika yang diberikan dan melakukan langkah penyelesaian soal dengan baik. Subjek mampu mengerjakan soal tes kemampuan numerasi dengan benar pada semua indikator kemampuan numerasi. Kemampuan numerasi peserta didik ditinjau dari kecerdasan logis matematis sedang  kurang optimal menggunakan kemampuan logikanya dalam menafsirkan hasil analisis sehingga memprediksi dan mengambil keputusan kurang tepat. Kemampuan numerasi peserta didik ditinjau dari kecerdasan logis matematis rendah belum mampu mengaitkan fakta dan rumus dari soal statistika yang diberikan sehingga belum mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan dengan benar dari soal tes yang diberikan.

Keywords


Analisis, Kemampuan Numerasi, Kecerdasan Logis Matematis

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2415–2422. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). PT. Rineka Cipta.

Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multipel di dalam kelas (3rd ed.). PT Indeks.

Arsyad, N., Nasrullah, N., & Safaruddin, S. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemec ahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matemati s Siswa Kelas XI. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 136. https://doi.org/10.35580/imed15325

Asmal, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pe ndidikan Matematika, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.122

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasis wa matematika calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Pe serta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Min imum. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651

Faizah, F., Sujadi, I., & Setiawan, R. (2017). Proses Berpikir Siswa Kelas VII E dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pecahan Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(4), 15-25. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/mate matika/article/view/11602

Husna, A., Hanggara, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Proses Berpikir Mahasi swa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ekonomi Ditinjau Dari Kec erdasan Logis Matematis. 9(4), 1283–1292. https://doi.org/https://doi.org/10. 24127/ajpm.v9i4.3124

Khiyarusoleh, U. (2018). Kecerdasan Logika-Matematika Di Lihat Dari Kecerdas an Majemuk Siswa Sma Di Brebes Selatan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 240–246. https://doi.org/10. 35568/naturalistic.v3i1.270

Kus, M. (2018). Numeracy. The Princeton Companion to Mathematics, 27(2), 58– 61. https://doi.org/10.7326/0003-4819-128-9-199805010-00030

Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar (2nd ed.). Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mukarromah, L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa dalam Menyelesaika n Masalah Matematika Melalui Problem Posing Pada Materi Himpunan Kela s VII MTs Nurul Huda Mojokerto. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pemb elajaran, 16–22. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3905

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembel ajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathem atics and Education, 5(9), 566–575.

Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kelas X M ateri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matemati ka Inovatif, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330

Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerda san Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607

Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Be rdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Sa’dia, H. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Pengetah uan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and S hape. 9. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49273

Sari, S. P., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2021). Students Numeracy Skills Re lating to Algebra Topic Using COVID-19 Context. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 182–192. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3881

Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 440–446. http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/64RisnaTianingrum-SESIOMADIKA- 2017.pdf

Wahyuni, J., Paranthy, Y. W., & Wanto, A. (2018). Analisis Jaringan Saraf Dalam Estimasi Tingkat Pengangguran Terbuka Penduduk Sumatera Utara. Jurnal Infomedia, 3(1). https://doi.org/10.30811/jim.v3i1.624




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i2.10175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License