ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2415–2422. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). PT. Rineka Cipta.
Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multipel di dalam kelas (3rd ed.). PT Indeks.
Arsyad, N., Nasrullah, N., & Safaruddin, S. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemec ahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matemati s Siswa Kelas XI. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 136. https://doi.org/10.35580/imed15325
Asmal, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pe ndidikan Matematika, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.122
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasis wa matematika calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Pe serta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Min imum. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651
Faizah, F., Sujadi, I., & Setiawan, R. (2017). Proses Berpikir Siswa Kelas VII E dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pecahan Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(4), 15-25. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/mate matika/article/view/11602
Husna, A., Hanggara, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Proses Berpikir Mahasi swa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ekonomi Ditinjau Dari Kec erdasan Logis Matematis. 9(4), 1283–1292. https://doi.org/https://doi.org/10. 24127/ajpm.v9i4.3124
Khiyarusoleh, U. (2018). Kecerdasan Logika-Matematika Di Lihat Dari Kecerdas an Majemuk Siswa Sma Di Brebes Selatan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 240–246. https://doi.org/10. 35568/naturalistic.v3i1.270
Kus, M. (2018). Numeracy. The Princeton Companion to Mathematics, 27(2), 58– 61. https://doi.org/10.7326/0003-4819-128-9-199805010-00030
Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar (2nd ed.). Ar-Ruzz Media.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mukarromah, L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa dalam Menyelesaika n Masalah Matematika Melalui Problem Posing Pada Materi Himpunan Kela s VII MTs Nurul Huda Mojokerto. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pemb elajaran, 16–22. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3905
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembel ajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathem atics and Education, 5(9), 566–575.
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kelas X M ateri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matemati ka Inovatif, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330
Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerda san Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607
Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Be rdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Sa’dia, H. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Pengetah uan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and S hape. 9. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49273
Sari, S. P., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2021). Students Numeracy Skills Re lating to Algebra Topic Using COVID-19 Context. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 182–192. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3881
Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 440–446. http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/64RisnaTianingrum-SESIOMADIKA- 2017.pdf
Wahyuni, J., Paranthy, Y. W., & Wanto, A. (2018). Analisis Jaringan Saraf Dalam Estimasi Tingkat Pengangguran Terbuka Penduduk Sumatera Utara. Jurnal Infomedia, 3(1). https://doi.org/10.30811/jim.v3i1.624
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i2.10175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License