PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ika Dwi Septia

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat permasalahan hasil belajar siswa pada ranah kognitif muatan IPA yang menyebabkan kurang variatif dalam penggunaan pendekatan dan media pembelajaram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi dengan siswa di kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konstektual berbantuan media gambar, (2) peningkatan ( gain ) hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi dengan siswa di kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konstektual berbantuan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design . Variabel penelitian ini adalah pendekatan saintifik berbantuan media video animasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini siswa kelas VA jumlah siswa 20 sebagai kelas kontrol dan kelas VB jumlah siswa 20 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi dengan siswa di kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konstektual berbantuan media gambar, dan (2) terdapat peningkatan ( gain ) hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi dengan siswa di kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konstektual berbantuan media gambar.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Media Video Animasi, IPA

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa pada ranah kognitif konten IPA, yang disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan pendekatan dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media gambar, dan (2) peningkatan (gain) terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi dibandingkan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik berbantuan media video animasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Subyek penelitiannya adalah kelas VA sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media gambar, dan (2) ) terdapat peningkatan (perolehan) hasil belajar. siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video dibandingkan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media gambar.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Media Video Animasi, IPA


References


Adistana, G. A. Y. P., HS, M. S., Mahardi, P., & Sofianto, M. F. (2022). Assessment of E-Procurement Subjects’ Missteps for Construction and Consultancy Services Throughout the Surabaya City Area As an Educational Adjunct for Project Tender Courses. Jurnal PenSil, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jpensil.v11i1.25294

Amelia, W., Rini, C. P., & Zuliani, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4694

Ayu Cahyani, L. P. E., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Video Animasi Muatan IPA Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 270–277. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32334

Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137

Hasan., et al (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Magdalena, I., Afianti2, N. A., & Yanti, A. A. (2020). Penilaian Hasil Belajar Siswa Dengan Kurikulum 2013 Di Sd Islam Asysyakirin. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 466–476.

Megawati, Y., Fitriyanti, D (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koperasi Kelas X Iis Di Sman 2 Mejayan Madiun. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1–6.

Nurman, E. (2023). Pendekatan dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1–6. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/pqhyt

Retnaningsih, C. (2023). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 6 Buntok the Use of Teaching Tools To Improve Learning Outcomes in Science Subject in Class Iv Sd Negeri 6 Buntok. Science Journal), 21(1), 17–24.

Safitri, D., Winarni, W, E,. Koto, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV. 2(1), 114–125.

Sari, F. W. P., Nurhasanah, & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 118–122. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2236

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.11519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License