META ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Dede Rismi

Abstract


Studi meta analisis ini bertujuan untuk menentukan pengaruh  dari pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep  matematika peserta didik. 10 item ditemukan dalam hasil pencarian setelah dikumpulkan dari publikasi yang berhubungan dengan pendekatan matematika realistik  dan pemahaman konsep peserta didik. Dengan demikian dengan menggunakan pendekatan matematika realistik peserta didik dapat memahami  bagaimana ide ide berhubungan satu sama lain dan bagaimana mereka menerapkannya pada situasi dunia nyata. Sepuluh publikasi yang berkaitan dengan metode matematika realistik digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Secara deskriptif menunjukan bagaimana pendekatan matematika mempengaruhi rata-rata dimana rata rata kelas kontrol 61,359 dan kelas eksperimaen 71,083. Dari data kelas eksperimen dan kelas kontrol bervariasi secara signifikan, ditetapkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik  dipengaruhi oleh pendekatan matematika realistik.


Keywords


Pendekatan matematika realistik, Pemahaman konsep matematika peserta didik



DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.11953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License