KONTRIBUSI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOFTWARE MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA

Ebih AR Arhasy, Eva Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik dan Self Regulated Learning mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada mata kuliah kalkulus integral. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Self Regulated Learning mahasiswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software Maple dan tanpa bantuan Software Maple. Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dan populasi penelitian yang diambil adalah  semua mahasiswa jurusan pendidikan matematika angkatan 2014/2015. Pemilihan sampel menggunakan teknik Random Sampling, peneliti memilih sampel secara acak dari seluruh kelas populasi. Kelas yang menjadi sampel yaitu kelas B dengan 39 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa berupa soal uraian dan angket self regulated learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasional. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data menyimpulkan bahwa Sumbangan model Problem Based Learning berbantuan Software memberikan kontribusi sebesar  82, 81 % terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dan sisanya 17,19% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Self Regulated Learning mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model  think pair share (PBL) berbantuan software Maple termasuk ke dalam kategori tinggi.

Kata kunci: PBL, Maple, Selff Regulated Learning

Full Text:

PDF 197-203


DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License