PEMBELAJARAN BENTUK SENDI TULANG MANUSIA MENGGUNAKAN KONSEP AUGMENTED REALITY

Akik Hidayat, Amir Mujahiduddien

Abstract


Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh terhadap keefiktifan belajar siswa dibandingkan jika hanya menggunakan buku sumber dimana minat baca siswa sangat rendah yatu sebanyak 70%. Dengan menggunakan teknologi, siswa dapat lebih memahami materi seperti materi mengenai bentuk-bentuk sendi tulang tubuh  manusia yang dinilai sulit dipahami oleh siswa. Salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality atau yang lebih dikenal dengan realitas bertambah dalam bahasa Indonesia. Pada dasarnya Augmented Reality memiliki kelebihan dalam memberikan pengalaman dan pemahaman bagi subjek pembelajaran. Oleh karena itu, dengan mengaplikasikan Augmented Realty kedalam materi sendi tulang tubuh manusia diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi ini.Akan  dirancang aplikasi Augmented Reality ini dengan menggunakan Unity3D, Blender sebagai modelling,  vuforia SDK untuk membentuk Augmented Reality. Dalam aplikasi ini terdapat animasi 3D berbentuk tulang tubuh manusia sebagai pengganti alat peraga di sekolah.

Kata Kunci: Augmented Reality, Sistem Gerak Tubuh Manusia, Teknologi dalam pendidikan.


Full Text:

PDF 204-208


DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License