ANALISIS TINDAK TUTUR PEMASAR ASURANSI KEPADA NASABAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF PRAGMATIK

Welly Nores K, Ai Siti Nurjamilah, Yuni Ertinawati

Abstract


Kegiatan berkomunikasi adalah kegiatan bagi manusia untuk mengekspresikan diri, menyampaikan informasi, ide, dan emosi, melalui simbol kata. Dari waktu ke waktu manusia dihadapkan dengan permasalahan sosial yang penyelesaiannya menyangkut dengan kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara yang lebih baik. Penggunaan  bahasa dalam berkomunikasi dengan memperhatikan faktor lawan bicara, situasi atau keadaan, dan topik pembicaraan dimaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan demikian, maka bahasa yang dipilih harus selaras atau sejalan dengan tujuan tadi yang hendak dicapai serta harus membangun kegiatan komunikasi yang benar-benar terkonsep guna pencapaian tujuan. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia. Ditinjau dari fungsinya, bahasa dapat dikaji baik secara internal maupun secara eksternal. Pengkajian secara internal maksudnya adalah pengkajian bahasa dilakukan dalam struktur internal bahasa itu saja seperti tataran fonologi dan morfologi. Perbedaan ujaran di masyarakat, tidak hanya dipengaruhi oleh letak geografis dan latar belakang sejarah tetapi dipengaruhi juga oleh perbedaan sosial seperti status sosial, tingkat pendidikan, jenis kelamin dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah; mengetahui tindak tutur pada jenis pekerjaan tertentu menimbulkan keragaman penggunaan bahasa dalam berkomunikasi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menganalisis data penelitian lapangan. Tahapan penelitian meliputi: (1) penggunaan lingkungan sebagai sumber data langsung, (2) sifatnya deskriptif analitik, (3) perhatian penelitian lebih pada proses bukan pada hasil, (4) sifatnya induktif, (5) mengutamakan makna dari setiap data.

Full Text:

PDF 263-269

References


Abidin, Y. et al. (2014) Kemampuan menulis & berbicara akademik. Bandung: Rizki Press.

Arikunto, S. (2006) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Bodgan Beiken dan Scollon, S.W. (1982) Intercultural

communication, A discourse approach. Basill Blackwell: Oxford.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Fisher, B.A. (1986) Teori-teori komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, P dan Kevin, L.K. (2009) Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mufid, M. (2007) Komunikasi dan regulasi penyiaran. Jakarta: Kencana.

Mulyana, D. (2011) Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nababan, P.W.J. (1986) Ilmu pragmatik: teori dan penerapannya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nababan, P.W.J. (1991) Sociolinguistics: suatu pengantar. Jakarta: Gramedia.

Nitisusastro, M. (2013) Asuransi dan usaha perasuransian di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Rahardi, Kunjana. (2009) Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License