ASOSIASI KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA

Depi Setialesmana, Yeni Heryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asosiasi kemampuan koneksi dan komunikasi matematik mahasiswa, asosiasi kemampuan koneksi matematik dan kemandirian belajar matematika mahasiswa, asosiasi kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar matematika mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Siliwangi angkatan 2014. Sampel penelitian dipilih secara purposive. Satu kelompok dijadikan sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas 2014 E. Instrumen berupa soal tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematik serta angket kemandirian belajar. Tehnik analisis data dengan ANOVA, dengan bantuan software SPSS versi 23.32 for Windows. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat asosiasi kemampuan koneksi dan komunikasi matematik, tidak terdapat asosiasi kemampuan koneksi matematik dan kemandirian belajar, tidak terdapat asosiasi kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar.

Full Text:

PDF 54-59

References


Bondan, Djamilah Widjajanti dan Wahyudin. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Makalah KMN Universitas Negeri Yogyakarta.

Fajri, Nurul, et.al.(2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Paradikma, 6 (2).pp.149-161. ISSN 1978-8002.

Hidayat, Wahyu dan Sumarmo Utari (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematika serta Kemandirian Belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.2.No.1, April 2013. ISSN 2089-855X.

Iriantara, Yosal (4014). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Lestari, Eko Karunia dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refica Aditama.

Qohar, Abd. (2011). Asosiasi antara Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematika serta Kemandirian Belajar Matematika Mahasiswa. LSM XIX, Lomba dan Seminar Matematika, ISBN 978-979-17763-3-2.

S, Hasanah dkk .(2012). Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ma tematis [Online]. Tersedia: http//journal.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/650/630. Pdf [5 Agustus 2015]

Sumarmo, Utari. (2014). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Makalah pada seminar Pendidikan Matematika. FPMIPA Universitas Padjajaran. Bandung.

Suryadi, Didi. (2012) Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizki Press.

Trianto (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rizki Press.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i1.413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License