Pengembangan Instrumen Asesmen Critical Thinking Skill pada Materi Sistem Ekskresi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan dan mengetahui kelayakan instrumen asesmen critical thinking skill pada materi sistem ekskresi. Penelitian pengembangan ini menggunakan pemodelan Dick and Carey dengan 7 tahapan, yaitu: (1) identifikasi tujuan, (2) analisis instruksional, (3) analisis siswa dan lingkungan, (4) menuliskan tujuan khusus pembelajaran, (5) pengembangan instrumen penilaian, (6) melaksanakan evaluasi formatif, dan (7) revisi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, studi dokumentasi, angket penilaian kelayakan, dan uji coba skala kecil. Hasil penelitian menunjukan bahwa asesmen critical thinking skill pada materi sistem ekskresi ini memenuhi kriteria kelayakan karena memperoleh penilaian oleh validator dan guru biologi sebesar 87,1% (Sangat Layak) dan analisis data kuantitatif menggunakan software ANATES terdiri dari, (1) Validitas, soal pilihan ganda valid berjumlah 13 (65%), dan tidak valid 7 butir (35%), sedangkan pada soal uraian valid berjumlah 7 butir (70%) dan tidak vailid 3 butir (30%), (2) Reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,84 dan soal uraian sebesar 0,86, (3) Tingkat Kesukaran, soal pilihan ganda yang tergolong sukar berjumlah 4 butir (20%), sedang 12 butir (60%), dan mudah 4 butir (20%), sedangkan soal uraian seluruh butir soal sebanyak 10 (100%) tergolong sedang, (4) Daya Pembeda, soal pilihan ganda sangat baik 17 butir (85%) dan kurang baik 3 butir (15%), sedangkan pada uraian sangat baik 6 butir (60%) dan kurang baik 4 butir (40%), (5) Efektivitas Pengecoh, Butir soal dengan Efektivitas Pengecoh sangat baik 12 butir (15%), baik 11 butir (14%), kurang baik 2 butir (2,5%), jelek 45 butir (56%), dan sangat jelek 10 butir (12,5%).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1 (2), 92–100.
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16 (1), 1-12.
Dewi, S.S., R.M. Hariastuti & A.U. Utami. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (Omi) Tingkat Smp Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 15-26.
Dick, W., Carey, L. & Carey, J.O. (2001). The systematic design of instruction (5th). New York: Longman.
Fatimah, L. U. & K. Alfath. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi & Pendidikan Islam, 8(2), 37-64.
Hadi, S., K.I. Ismara & E. Tanumihardja. (2015). Pengembangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa Smk. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 168-175.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Gerakan Literasi Nasional. Diakses dari https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2017/10/literasi-baca-tulis.pdf (diakses pada tanggal 5 April 2021).
Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 25-30.
Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. (2015). Asesmen pembelajaran disekolah. Panduan bagi guru dan calon guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mardapi, D. (2017). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan: Edisi 2. Yogyakarta: Parama Publising.
Rahayu, S. (2016). Mengembangkan Literasi Sains Anak Indonesia Melalui Pembelajaran Berorientasi Nature Of Science (NOS). Prosiding Seminar Nasdional IPA ke-2. Malang: Universitas Negeri Malang.
Riduwan. 2014. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Setyowati, A. 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2): 89-96.
Tjoeng, S. C. & R. Indriyani. (2014). Pengaruh Perceived Organizational Support Terhadap Corporate Entrepreneurship Pada Perusahaan Keluarga Di Jawa Timur. AGORA, 2(1), 1-8.
Uno, B. H., & Lamatenggo. (2014). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Warjul., S.R. Ariyanto., Soeryanto & R.A. Trisna. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 95-104.
Yulia, R. G. (2012). Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Membaca Ilmiah Siswa Padapembelajaran Biologi. Jurnal Scientiae Educatia, 1 (1): 1-17.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v7i1.4211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License