KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATHEMATIC IN CONTEXT

Nanang Nanang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik (KPMM) mahasiswa PGSD STKIP Garut antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran Mathematic In Context (MIC) dengan yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK) dalam mata kuliah Matematika SD Kelas Rendah. Teknik analisis untuk menguji perbedaan KPMM dari dua kelompok data digunakan Uji perbedaan dua rata-rata (Uji-t) dan uji proporsi untuk mengetahui kualitas KPMM dari kedua kelompok tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa KPMM mahasiswa PGSD pada pembelajaran MIC secara signifikan lebih baik dari mahasiswa yang memperoleh PK. Kualitas kemampuan KPMM mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran MIC berada pada klasifikasi berkemampuan cukup, sedangkan KPMM mahasiswa yang mendapatkan PK berada pada klasifikasi kurang.



Full Text:

PDF 10-16

References


Biryukov, P. (2003). Metacognitive Aspects of Solving Combinatorics Problems. Berr-Sheva: Kaye College of Education.

Cai, J., Lane, S., & Jakabcsin, M.S. (1996). The Role of Open-Ended Tasks and Holistic Scoring Rubrics: Assessing Student’s Mathematical Reasoning and Communication. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics.

De Lange. (1987). Mathematics in Sights and Meaning. Utrecht: Freudenthal Institute.

Depdiknas (2004). Kurikulum Matematika SLTP 2004. Jakarta: Dirjend Dikdasmen Direktorat PLP.

Gravemeijer, K.P.E. (2000). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht : CD- Press/ Freudenthal Institute.

Krulik, S. dan Reys, R.E. (1980). Problem Solving in School Mathematics. Virginia: NCTM.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Thesis University of Twente, Enschede.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i1.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License