IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LISTRIK DINAMIS

Rahmat Rizal

Abstract


Pembelajaran  inkuiri dapat dilaksanakan secara efektif dengan memperhatikan jenjang pembelajaran inkuiri yang terdiri dari discovery learning, interactive demonstration, inquiry lesson, inquiry lab, real-world application dan hypothetical inquiry. Jenjang yang paling sederhana dan tepat untuk siswa yang belum terbiasa dengan pembelajaran inkuiri adalah discovery learning. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang implementasi discovery learning dalam pembelajaran listrik dinamis untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment denganRandomized Pretest-Postest Control Group Design. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik dalam meningkatkan pemahaman konsep dibandingkan dengan pembelajaran pada kelas kontrol.N-gain pemahaman konsep pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan komposisi translasi (0,89), interpretasi (0,76), dan ekstrapolasi (0,83). N-gain pemahaman konsep pada kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan komposisi translasi (0,62), interpretasi (0,48) dan ekstrapolasi (0,45).


Full Text:

PDF 23-27

References


Arif, M. B. S. 2013. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan program virtual laboratories electricity pada materi rangkaian listrik arus searah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berkomunikasi siswa sma. Tesis Magister PPs UPI Bandung: tidak diterbitkan

Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan KTSP. Jakarta: Depdiknas

Bloom, Benjamin S., Madaus, George F., & Hastings, J Thomas. 1981. Evaluation to Improve Learning. United State of America: McGraw-Hill Book Company. 221 p.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga. hal 94

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanic with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization.

Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Hal 280.

Ismail, Z., Idros, S.N.S., Samsudin, Ali. 2007. kaedah mengajar sains. Kuala Lumpur: PTS Profesional Publishing. Hal 30.

Jauhar, M. 2011. implementasi paikem dari behavioristiksampai konstrukti-vistik. Jakarta: Prestasi PustakaPublisher. Hal 80.

Oktavianty, E. 2012. Penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan multipel representasi pada topik fluida statis untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis. Tesis Magister PPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Pratiwi, F. A., Hairida, dan Rasmawan, R. 2014. Pengaruh penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (7): hal 6-18

Rizal, R. 2011. Recommended student’s worksheets revision for increasing physics concept comprehension in discovery learning and pendekatan demonstrasi interaktif. The international Seminar Enhancing Science Teacher Profesionalism Through Physics Learning Innovation. Bandung.

Sadia, Suastra, & Widiadnyana. 2014. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep ipa dan sikap ilmiah siswa smp. http://www.e-jurnal.com/ (diakses pada 06 April 2018).

Sanjaya, W. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media. Hal 170

Slameto. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rhineka cipta

Sukmadinata, S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Hal 136.

Wenning, C. J. 2011. The levels of inquiry model of science teaching. Journal Of Physics Teacher Education Online. 6 (2): pp 9-16.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i1.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License