MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN HYBRID TIPE TRADITIONAL CLASESS-REAL WORKSHOP

Yoni Sunaryo, Ida Nuraida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop  ditinjau dari keseluruhan dan kategori: (a) taraf ekonomi keluarga; (b) Gender, (2) peningkatan self confidence siswa setelah menerima model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop ditinjau dari keseluruhan dan kategori: (a) taraf ekonomi keluarga; (b) Gender. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pamarican tahun ajaran 2017/2018. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang hasilnya yaitu kelas VIII D sebagai kelompok yang belajar dengan model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop (kelas eksperimen) dan kelas VIII F sebagai kelas yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (kelas kontrol). Untuk mendapatkan data hasil penelitian berupa skor kemampuan pemahaman matematis digunakan instrumen berupa soal uraian sedangkan untuk mengukur self-confidence siswa digunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji Mann-Whitney dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis kelas eksperimen secara keseluruhan dan gender(perempuan) lebih baik dari kelas kontrol, peningkatan kemampuan pemahaman matematik kelas eksperimen berdasarkan taraf ekonomi (mampu dan tidak mampu) dan gender(laki-laki) lebih baik dari kelas kontrol; (2) terdapat peningkatan rerata self-confidence siswa setelah belajar dengan model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop ditinjau dari keseluruhan dan pada kategori taraf ekonomi (mampu dan tidak mampu) serta gender (laki-laki dan perempuan).


Full Text:

PDF 28-32

References


Arikunto, S.(2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Islami, Y. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hibrid Tipe Traditional Classes-Real Workshop-Virtual Workshop (TC-RW-VW) Pada Pokok Bahasan Segiempat. Skripsi Sarjana pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

NCTM. (2004). Curriculum and evaluation standard for school mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics.

Pribadi, B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian rakyat.

Sunaryo, Y. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatfi Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Disertasi. UT : Tidak Dipublikasikan.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 CIAMIS. Teorema: teori dan riset matematika. Jurnal pendidikan matematika Universitas Galuh. Vol 1, No 2 (2017). Tersedia Online di: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/548/466. ISSN : 2597-7237.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i1.499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License