PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI DI SDN MEKARSARI

Nur Oktavia Anggraeni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward (hadiah) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan angket terhadap peserta didik kelas 6 jenjang Sekolah Dasar di SDN Mekarsari Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan antara pemberian reward terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas tinggi di SDN Mekarsari.

Kata Kunci : reward, ilmu pengetahuan sosial, sekolah dasar

Abstract

This study aims to determine the effect of rewards on the social studies learning motivation of high school students in elementary school. This type of research is a descriptive qualitative research with data collection techniques carried out through observation and questionnaires to 6th grade elementary school students at SDN Mekarsari Cileunyi District, Bandung Regency. Data analysis used in this research is data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that there was a significant influence between the provision of rewards on the social studies learning motivation of high-class students at SDN Mekarsari.

Keywords: reward, social science, primary school


Keywords


reward, ilmu pengetahuan sosial, sekolah dasar

References


Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 127-137.

Fitri, Y. R., & Ain, S. Q. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 291-308.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Melinda, I. (2018). Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas IV A SDN Merak I pada mata pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81-86.

Sujiantari, N. K., Sujana, I. N., & Zukhri, A. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i1.5479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License