MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI MENULIS TEXT MONOLOG PROSEDUR MELALUI TEKNIK MELANJUTKAN CERITA

kakah atikah

Abstract


Abstrak

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah, kurang adanya pengembangan metode pembelajaran. Metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran Baasa Inggris bersifat konvensional atau ceramah, sehingga proses pembelajaran berpusat pada guru. Padahal yang diharapkan adalah pembelajaran menggunakan metode yang melibatkan siswa aktif secara menyeluruh, fisik maupun mental. Dengan demikian potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Rumusan masalah penelitian diantaranya bagaimana peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran bahasa inggris materi menulis text monolog prosedure melalui teknik melanjutkan cerita di Kelas VI  SD Negeri 6 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019?

Tujuan penelitian ntuk mengetahui data peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris materi menulis text monolog prosedure melalui teknik melanjutkan cerita di Kelas VI  SD Negeri 6 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019.

Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart.

Hasil belajar tindakan pertama sebesar 73,90%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada tindakan kedua sebesar 79,78%. Jika dianalisa perbedaan nilai antara tindakan pertama dan kedua hanya sebesar 5,88%, tetapi hal ini menunjukan adanya perubahan yang lebih baik.

Kata Kunci : Kemampuan, Bahasa Inggris, Teknik Melanjutkan Cerita

Keywords


Kata Kunci : Kemampuan, Bahasa Inggris, Teknik Melanjutkan Cerita

References


DAFTAR PUSTAKA

Badudu, J.S, Sutan Mohammad Zain. (1996) Kamus Umum Bahasa Inggris, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Cholid, N, Achmadi, A. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Faisal, S. (1992). Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Kasbolah, (1998). PTK. Jakarta Depdikbud.

Nasution, S. (1986). Didaktik Dan Azas-Azas Mengajarkan. Bandung : CV Jemmars.

Nasution, S. (1995). Pengembangan Kurikulum. Bandung : Citra Adhitya Bhakti.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Aditama.

Poerwadarminto, W.J.S. (1986). Teknik-teknik Belajar Mengajar. Bandung : Jenmars.

Ratna, Wilrs. D (1991). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Sadiman. A. (1993). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i2.6225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License