MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH SWT. MELALUI METODE MAKE A MATCH .

onih koniah

Abstract


Abstrak

Latar belakang masalah penelitian diantaranya kegiatan pembelajaran bersifat satu arah selama proses pembelajaran dengan lebih banyak mendengarkan materi oleh guru sehingga kurang bersemangat dan kurang perhatian terhadap materi yang disampaikan dan hasil yang dicapai kurang memuaskan. rendahnya kemampuan guru mengelola kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK guru kurang mampu menyusun evaluasi pembelajaran secara HOTS, hasil belajar siswa pada materi Mengenal Kitab-Kitab Allah relatif rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode Make A Match, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan di kelas V SDN 1 Patakaharja  periode 2021-2022 dengan jumlah sebanyak 17 yang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 orang perempuan orang. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Make A Match pada materi Mengenal Kitab-Kitab Allah. Ada dua pendekatan yang digunakan: pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, dan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make A Match dapat meningkatkan efektivitas aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : hasil belajar, metode make a match

Abstract


Keywords


Kata kunci : hasil belajar, metode make a match

References


Ardan, 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match dalam Peningkatan Motivasi Belajar Materi Membaca Wacana Pada Siswa Kelas IV SDN Sukasaenang

Kayakah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Banjarmasin : Skripsi.

Azizah, 2015, Program Kualifikasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN), upaya meningkatkan hasil belajar siswa materi mengenal kitab-kitab Allah mengunakan model stalking stick, SD negeri 4 Teluk Kijing : Banyuasin

Fakhriyadi, 2011. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Kata Menjadi Klaimat Lengkap Bagi Siswa Kelas III Melalui Model Pembelajaran Make A Match pada SDN 1 Rancah .Ciamis: Skripsi

Fujiningsih Nining, 2011. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar KPK dan FPB Siswa Kelas V SDN 1 Cintaraja Sinaparna Tasikmalaya : Skripsi.

Hasanah, Huswatun, 2019 Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlaq Pada Konsep Mengenal Allah Kelas II MI Baitusholihin Singaparna Tasikmalaya

Ida,internet,Peserta Didik Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan,3/21/2016 Lasmina, 2016, Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tanggul Patompo 1 Makassar Tahun Pelajaran 2013/2014â€)

Musyanto 2016 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 9.1 Smpn 1 Cisurupuan Dalam Pembelajaran Pai Materi Meningkatkan Keimanan Terhadap Kitab- Kitab Allah Dengan Penggunaan Metode Card Sort




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i1.6234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License