UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR

tatang suganda

Abstract


ABSTRAK

 

Pembelajaran membaca di kelas1 SD merupakan salah satu materi pembelajaran yang cukup sulit.. Guru kelas 1 harus bijak dan pandai memilih model dan media pembelajaran untuk menjembataninya.Teknik penelitian ini dilakukan dengan membimbing peserta didik membaca suku kata atau kata dengan bantuan media kartu huruf bergambar hal ini dilakukan mengingat peserta didik kelas I baru mengenal huruf Penulis berasumsi peserta didik akan lebih cepat mengetahui jenis huruf yang dibacanya jika ditampilkan gambar benda atau apa saja yang mereka kenal.

Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart alur umum. Subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri Sukamenak   tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 31 orang. Tindakan penelitian dilakukan dalam tiga siklus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan tes. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis deskripsi kualitatifObjek penelitian ini adalah kecepatan peserta didik mengenal suku kata yag dibacanya melalui Melalui Penerapan Model Pembelajaraan Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan hasil belajar membaca peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca  peserta didik kelas I SDN Sukamenak melalui penerapan Model Pembelajaraan Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi terhadap hasil belajar guru dalam merancang RPP ada peningkatan yakni pada siklus 1 bernilai 72,5 % dengan katagori penilaian (baik) dan pada siklus II bernilai 82,29 % (katagori baik) dan pada siklus III memperoleh nilai 90,84%. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga ada peningkatan, yakni pada siklus 1 bernilai 72,72 %. katagori penilaian (baik),pada siklus II bernilai 85 % (kategori sangat baik) dan pada siklus III memperoleh nilai 91,5%. Keaktivan peserta didik pada kerja kelompok siklus I memperoleh nilai 74,5 siklus II sebesar 81,46, dan siklus III sebesar 88,7,Sementara keaktivan peserta didik dalam pambelajaran secara individu nilai rata-ratanya pada siklus 1 memperoleh nilai 78%, siklus II 78 %. dan pada siklus III memperoleh nilai 89,37%. Untuk hasil evaluasi (Pre tes) nilai rata-rata pretes 47,9 dan ketuntasan kelas sebesar 14,3%, nilai rata-rata untuk pos tes siklus I sebesar 63,2 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 67,7%, pada siklus II nilai rata-rata 76,1 ketuntasan kelas 82.1 %, dan siklus III nilai rata-rata 82,14 ketuntasan kelas sebesar 100 %. Dengan keprcayaan 99% penerapan Model Pembelajaraan Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan peserta didik kelas I SDN Sukamenak tahun pelajaran 2020-2021.


Keywords


kata kunci:Model Pembelajaraan Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar

References


Arikunto, S. 2002 Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas, 2006 . Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

, 2004 . Penilaian Kelas. Jakarta : Puskom, Balitbang

, 2003. Pembelajaran Bahasa Indonsia di Sekolah Dasar. Jakarta.Depdiknas

Depdikbud, 1985 . Gemar membaca : Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:

Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Herrhiyanto, Nar dan Akib Hamid. 2008. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas

Lapono, Nabisi dkk. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Maghfirah, Nelly. 2010. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar melalui Metode Quantum Teaching pada Pelajaran PKN pada Siswa Kelas IV SDN Talang III. Malang. Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://lib.uinmalang.ac.id/files/thesis/fullchapter/06130089.pdf. diunduh Sabtu, 18 Februari 2012.

Muslikah. 2010. Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan KelasYogyakat: Inter prebook.

Purwanti, Endang dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: DIKTI. Rohani, Ahmad. 2010. PengembanganPembelajran. Jakarta: Rineka Cipta. Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: Rajagrafindo

Sriwilujeng, Dyah dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik untuk SD Kelas III Semester 2. Malang: Erlangga.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugandi, Achmad. 2007. Teori Pembelajaran. Sukamenak : Unnes Press. Supraptiningsih dkk. 2009. Tematik. Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i1.6263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License