ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC

Dewi Anggraeni, Sri Tirto Madawistama, Ratna Rustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir lateral peserta didik ditinjau dari gaya berpikir Gregorc yang terdiri dari Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes gaya berpikir, tes kemampuan berpikir lateral, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung yakni tes gaya berpikir, dan soal kemampuan berpikir lateral. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Tasikmalaya, subjek penelitian terdiri dari 4 peserta didik yang masing-masing memiliki gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA), fokus penelitian ini pada saat subjek menyelesaikan tes kemampuan berpikir lateral. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Peserta didik yang memenuhi indikator mampu menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal yaitu peserta didik Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). (2) Peserta didik yang memenuhi indikator mampu menghasilkan lebih dari satu cara dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yaitu peserta didik Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). (3) Peserta didik yang memenuhi indikator mampu menyelesaikan masalah dengan cara inovatif (tidak lazim) yaitu peserta didik Sekuensial Konkret (SK), dan Sekuensial Abstrak (SA). (4) Peserta didik yang memenuhi indikator mampu menghasilkan langkah-langkah penyelesaian yang berbeda namun logis dan jawaban yang dihasilkan benar yaitu peserta didik Sekuensial Konkret (SK) dan Acak Konkret (AK).


Keywords


Kemampuan Berpikir Lateral, Gaya Berpikir

References


Alifiyah, Y. R., & Kurniasari, I. (2019). Identifikasi tingkat berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open ended ditinjau dari gaya berpikir Sternberg. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 8 (2), 216–222.

DePorter, B., & Henarcki. (2020). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822.

Heldayanti, Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Jumrianti, Khusaema, L., & Nurjannah, S. (2019). Penerapan model pembelajaran poget menggunakan media audiovisual dalam membangun kemampuan berpikir lateral siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 325–330. Retrieved from http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/viewFile/1962/1805.

Hondro, B. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran discovery dengan ekspositori dan gaya berpikir terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 13 (1), 36–47. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/17998/13315.

Mukhtasar, Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2018). Proses Berpikir Lateral Siswa Madrasah Aliyah Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 331–346. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.512.

Pratiwi, Y., & Widiyastuti, E. (2018). Deskripsi berpikir lateral siswa SMA dalam memecahkan masalah matematis. Prosiding SEMADIK. 453–460. Retrieved from www.digilib.ump.ac.id/download.php?id=5544.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Proses Berpikir Lateral Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar. Majamath, 2(2), 80–86. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/373/257.

Setyawan, D. (2017). Exploration of Students Knowledge Construction Process on Geometry Througt Random thinking style and spatial ability of mental rotation level. Jurnal Daya Matematis, 5(2) 124-135. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/3348.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zakir, M. (2015). Description of Logical Reasoning in Solving Mathematics Problems Based on Students’ Thinking Style of Students at SMPN 2 Pinrang. Jurnal Daya Mathematis, 3(2) 156-165. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/3229/1839.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i1.8580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License