MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PERKULIAHAN GEOMETRI TRANSFORMASI
Abstract
Penelitian eksperimen untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran keterampilan membaca matematika dengan pendekatan open-ended dan sikap mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut. Populasi yang diteliti mahasiswa pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah geometri transformasi yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes matematika untuk mengukur kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis dan angket skala sikap. Dengan menggunakan t-test disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran keterampilan membaca matematika dengan pendekatan open-ended secara signifikan lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, sedangkan peningkatan kemampuan pemahamannya sama. Â Mahasiswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran keterampilan membaca matematika dengan pendekatan open-ended.
Kata kunci: Pemahaman Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika, dan Pendekatan Open-EndedFull Text:
PDF 98-104References
Dahlan, J.A. (2004). Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/D%20-%20FPMIPA/JUR.%20PEND.%20MATEMATIKA/196805111991011%20-%20JARNAWI%20AFGANI%20DAHLAN/Perencanaan %20Pembelajaran%20Matematika/open-ended.pdf [20 Januari 2011]
Fatah, A. (2008). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa SMA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended. Tesis Magister pada SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan
Lestari, A. (2008). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa SMA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Tesis Magister pada SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan
Polya, G. (1973). How to Solve It, A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press
Ruseffendi, E.T. (2001). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Pres
Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense-Making in Mathematics. In D. Grouws (Ed.), Handbook for Research on Mathematics Teaching and Learning [Online]. Tersedia: http://gse.berkeley.edu/faculty/ AHSchoenfeld/SchoenfeldMathThinking.pdf [29 Januari 2011]
Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Mahasiswa Sekolah Menengah. [Online]. Tersedia: http://math.sps. upi.edu/wp-content/uploads/2010/02/MKLH-KETBACA-MAT-NOV-06-new.pdf [12 Desember 2010]
Wahyudi. (2010). Sikap Positif Mahasiswa terhadap Matematika [Online]. Tersedia: http://pembelajaranmatematika.webnode.com/news/sikap-positif-mahasiswa-terhadap-matematika/ [29 Januari 2011]
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.89
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License