EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini menerapkan model Reciprocal Teaching. Ada beberapa tujuan penelitian ini. Pertama,untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa yang lebih baik  antara  yang menggunakan  model  Reciprocal  Teaching  dengan  yang menggunakan model pembelajaran langsung, kedua untuk mengetahui efektifitas penggunaan model Reciprocal Teaching  terhadap  peningkatan kemampuan  berpikir  kreatif  matematik mahasiswa  serta yang ketiga untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2013-2014 dan peneliti mengambil 2 kelas dari 5 kelas untuk dijadikan sampel penelitian.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa serta angket kemandirian mahasiswa.Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa yang menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik dari dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung, penggunaan model Reciprocal Teaching  efektif  terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa serta  kemandirian belajar mahasiswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan  model  Reciprocal  Teaching  berada pada kategori sedang.
 Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching, Kemampuan berpikir kreatif matematik, Kemandirian belajar mahasiswa.
Full Text:
PDF 117-123References
Azwar, Saifuddin (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Momon, Sudarma. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada
Ratnaningsih, Nani. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas.Disertasi: Program Studi Pendidikan MatematikaSekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan IndonesiaBandung. Tidak Diterbitkan.
Rusman.(2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Bandung. PT Rajagrafindo Persada
S, Hasanah dkk (2012).Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis [Online]. Tersedia: http//journal.ac.id/sju/index.php/ujmer/ article/view/650/630. Pdf [5 Agustus 2015]
Sumarmo, Utari. (2014). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya.Makalah pada seminar Pendidikan Matematika.FPMIPA Universitas Padjajaran. Bandung.
Trianto (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya : Prestasi Pustaka Publisher
Trianto (2013).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Grup
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License