PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA CMAP TOOLS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model problem based learning menggunajan media cmap tools untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah Nonequivalent control group design menggunakan pretest dan posttest. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Tasikmalaya yang berjumlah 198 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling yang telah dipilih kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes uraian sejumlah 16 soal pada materi perdagangan internasional sesuai indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat dari skor posttest pada kelas eksperimen sebesar 86.75 dan nilai N-gain sebesar 0.65. berdasarkan perhitungan uji hipotesis bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning menggunakan media cmap tools terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383
Etherington, M. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-Based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36(9), 36–57.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Hotimah, H., & Ramadani, S. D. (2021). Model PBL Diperkaya dengan Reading and Concept Map: Apakah Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Baca Siswa? Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7524
Kono, R., Mamu, H. D., & Tangge, L. N. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem Lingkungan di SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(1), 28–38.
Muliani, D. E. (2021). Implementation of problem based learning with cmaptools media to increase problem solving abilities. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 7(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v7i1.9136
Nofziarni, A., Hardiyanto, Fitria, Y., & Betri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.
Nur Khofiyah, H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Oliveras, B., Márquez, C., & Sanmartí, N. (2013). The Use of Newspaper Articles as a Tool to Develop Critical Thinking in Science Classes. International Journal of Science Education, 35(6), 885–905. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.586736
Prasetyo, T. (2021). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa.
Qurniati, D., Andayani, Y., & Muntari. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 58–69. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2677
Rachmedita, V., Sinaga, R. M., & Pujiati. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Strategi Active Sharing Knowledge. Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS, 5(1).
Resita Putri, D., Anggraini, A., Milda, J., & Susilo, H. (2019). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Lesson Study (Ls) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Magister Pendidikan Biologi. ProsidingSeminar Nasional Dan Workshop Biologi-IPA Dan Pembelajarannya Ke-4, September, 569–575. https://www.researchgate.net/publication/347437606
Riandini, R., Arfiani, Y., & Kusuma, M. (n.d.). Implementasi Metode Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Cmap Tools Terhadap Creative Thinking Skill Peserta Didik. 32–38.
Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
Salbiah, S. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Pembelajaran Discovery Inquiry Pada Konsep Koloid. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(1), 109–115. https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1367
Sutarna, J. &. (2016). Jurnal riset pendidikan dasar dan karakter. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13–22.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i2.9378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License