Analisis Tekno Ekonomi dan Pengembangan Ecoprint (Pendekatan Blue Ocean Strategy Pada Ecoprint Tapak Patera)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tekno ekonomi dan merumuskan strategi alternatif pada pengembangan usaha ecoprint Tapak Patera. Pendekatan penelitian menggunakan studi kasus dengan campuran ( mix-method ), yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik penentuan responden menggunakan purposive . Penelitian ini dilakukan di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya. Alat analisis yang digunakan yaitu Tekno Ekonomi, analisis SWOT dan Blue Ocean Strategy . Hasil analisis tekno ekonomi secara teknis pembuatan ecoprint masih menggunakan teknologi sederhana serta bahan baku yang mudah diperoleh. Secara ekonomi ecoprint Tapak Patera memiliki harga pokok produksi sebesar Rp139.797/kain untuk bahan kain primis dan Rp122.359/kain untuk kain rayon. Secara umum pendapatan yang diperoleh Tapak Patera pada tahun 2023 yaitu untuk ecoprint kain primis sebesar Rp4.045.373/tahun sedangkan untuk ecoprint kain rayon sebesar Rp1.820.076/tahun. Jadi secara ekonomi usaha Tapak Patera ini menguntungkan dan layak untuk dikembangkan karena R/C Ratio > 1. Adapun alternatif strategi berdasarkan pendekatan Blue Ocean Strategy yaitu pengadaan diskon produk, wisata edukasi pembuatan ecoprint , pemasaran online dan promosi menarik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiartha, I. (2016). Akuntansi Biaya Pendekatan Tradisional dan Modern. Denpasar: Pelawa Sari.
Dewi, D. N. (2021). Penerapan Teknik Eco Print Menggunakan Buah dan Sayur. Journal of Fashion Design, I, 152-158.
Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya. (2022). Retrieved from Data Industri Batik Berskala Mikro Kabupaten Tasikmalaya.
Faridatun. (2022, . Ecoprint ; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogja, 5, 230-234.
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2018). Retrieved from Data Industri Batik Skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Tasikmalaya.
Kifti, W. M., Rahayu, E., & Risnawati. (2022). Implementing Eco Print In Making Environmentally Friendly Batik By DWP Asahan Regency. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5, 67-72.
Kim, W., & Mauborgne, R. (2015). Blue Ocean Straregy. Jakarta Selatan: Noura Books.
Nasution, Z. A., Limbong, H. P., & Nasution, S. S. (2018). Pengolahan Cangkang Kelapa Sawit Menjadi Carbon Blak Skala IKM dan Studi Kelayakan. Jurnal Industri Hasil Perkebunan, 13, 1-19.
Octaviano, R. A., & Hartanto, D. D. (2022). Program Community Engagement Pengembangan Produk Ecoprint sebagai Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) “Nostra Gallery” di Yogyakarta. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirman, 69-77.
Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono, P. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suratiyah, K. (2020). Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.
DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i1.10457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id