ANALISIS BIBLIOMETRIK PADA SIKAP KONSUMEN PRODUK AGRIBISNIS
Abstract
Perkembangan bisnis yang terjadi saat ini mengalami persaingan yang sangat ketat. Banyak konsekuensi yang harus diterima oleh perusahaan sehingga dituntut untuk meningkatkan daya saing yang berkelanjutan dan kompetitif mempengaruhi preferensi mereka dan kecenderungan untuk terlibat dalam perilaku tertentu. Maka didasarkan atas hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran secara detail terkait dengan definisi dan ruang lingkup sikap konsumen. Tidak hanya itu, tulisan ini akan membahas lebih lanjut terkait dengan studi kasus dan riset terbaru yang relevan dengan sikap konsumen. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh informasi bahwa sikap konsumen menggambarkan evaluasi, perasaan, dan kecenderungan seseorang yang secara relative konsisten terhadap suatu objek atau gagasan. Sikap menentukan orang pada suatu kerangka berpikir tentang menyukai atau tidak menyukai sesuatu, bergerak mendekat atau menjauh dari hal itu. Sikap (attitudes) konsumen juga berarti faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen. Konsep sikap sangat terkait dengan konsep kepercayaan (belief) dan perilaku (behavior). Sedangkan metode yang sering digunakan dalam pembahasan tentang perilaku konsumen adalah Multi Attribute Atitude Model (Fishbein) dan angka ideal. Trend penelitian saat ini didapatkan bahwa jumlah artikel yang menggunakan kata kunci sikap konsumen selama tahun 2019-2023 berjumlah 1143 dengan penyedia jurnal terbanyak adalah British Food Journal dan afiliasi terbanyak adalah Sejong University.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abin DG, Mandagi DW, Pasuhuk LS. 2022. Influence of brand image on customer attitude, intention to purchase and satisfaction: the case of start-up Brand Pomie Bakery. Enrich J Manag. 12(5):3908–3917. https://enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichment/article/view/960.
Abu-Alsondos IA, Alkhwaldi AF, Salhab HA, Shehadeh M, Ali BJA. 2023. Customer attitudes towards online shopping: A systematic review of the influencing factors. Int J Data Netw Sci. 7(1):513–524. doi:10.5267/j.ijdns.2022.12.013.
Ajzen, I., & Fishbein M. 2004. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior, . New York: Prentice-Hall, Englewood Scliffs.
Albari. 1999. Sikap Konsumen, Pemilihan Model Dan Penelitiannya. 54(7):14.
Albari A, Liriswati A. 2004. Analisis Minat Beli Konsumen Sabun Cair Lux, Biore dan Lifebuoy di Kotamadya Yogyakarta Ditinjau dari Pengaruh Sikapnya Setelah Melihat Iklan di Televisi dan Norma Subyektif. J Siasat Bisnis. 2(9):213–239. doi:10.20885/jsb.vol2.iss9.art5.
Alrabei AM, Al-Othman LN, Al-Dalabih FAN, Taber TA, Ali BJA, Amareen SM. 2022. The Impact of Mobile Payment on the Financial Inclusion Rates. Inf Sci Lett. 11(4):1033–1044. doi:10.18576/isl/110404.
André Bonfrer, Pradeep Chintagunta SD. 2022. Retail store formats, competition and shopper behavior: A Systematic review. J Retail. 98(1):71–91. doi:https://doi.org/10.1016/j.jretai.2022.02.006.
Aria M, Cuccurullo C. 2017. bibliometrix: An R-tool for comprehensive science mapping analysis. J Informetr. 11(4):959–975. doi:10.1016/j.joi.2017.08.007.
Aryani DN, Nair RK, Hoo DXY, Hung DKM, Lim DHR, Chandran DAR, Chew WP, Desai A. 2021. A Study on Consumer Behaviour: Transition from Traditional Shopping to Online Shopping During the COVID-19 Pandemic. Int J Appl Bus Int Manag. 6(2):81–95. doi:10.32535/ijabim.v6i2.1170.
Fathin S, Marline W. 2020. Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Terhadap Bunga Krisan Pada Pt Kebun Ciputri Molek Cianjur. GRISIA J Ilmu-Ilmu Pertan. 12(2):1–8.
Hakim L. 2020. Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Procur J Ilm Manaj. 8(2):176–189.
Holbrook MB. 1995. Consumer behavior: Buying, having, and being (2nd edn). Volume ke-2.
Iranmanesh A, Najafabadi EH. 2013. The Impact of Customer ’ s Attitude on Buying Behaviour Research Paper The Impact of Customer ’ s Attitude on Buying Behaviour. Manag Adm Sci Rev. 2(4):360–370.
L. B, Grunert, G. K, Frewer LJ. 1998. Lone Bredahl , Klaus G . Grunert and Lynn J . Frewer Consumer Attitudes and Decision-Making With Regard to Genetically Engineered Food Products – A Review of the Literature and a Presentation of Models for Future Research. J Consum Policy. 21(21):251–277.
No Title.
Rustagi P, Prakash A. 2022. Review on Consumer’S Attitude & Purchase Behavioral Intention Towards Green Food Products. Int J Health Sci (Qassim). 6 March 2022:9257–9273. doi:10.53730/ijhs.v6ns1.7092.
Salameh AA, Abu-AlSondos IA, Ali BJA AA. 2020. From Citizens Overview: Which Antecedents’ Can Assist to Increase Their Satisfaction Towards the Ubiquity of Mobile Commerce Applications? Int J Interact Mob Technol. 14:45–55. doi:10.3991/ijim.v14i17.16589. 31. ahmad Alawamleh H, A Ali BJ, Ahmad Alawamleh H, Fadel Ali Tommalieh A, Qasem Hasan Al-Qaryouti.
Sarwoko E. 2018. Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Aqua Berkaitan dengan Penerapan Program CSR (Corporate Social Responsibility). J Ekon Mod., siap terbit. http://e-journal.ukanjuruhan.ac.id.
Sean T, Winter V, Amos G, Ricks ST. 2015. Applying Fishbein ’ S Multi-Attribute Attitude Model To the Tata Swach Water Purifier. Proc 20th Int Conf Eng Des (ICED 15), Vol 1 Des Life. July:1–10.
Shastry VS, Anupama D. 2021. Consumer Attitude and their Purchase Intention: A Review of Literature. Int Rev Bus Econ. 5(2):50–72. doi:10.56902/irbe.2021.5.2.3.
Singh H. 2018. Marketing Management.
Singh P, Raveendra P V., Kumar SS, Namitha HN, Likith R. 2018. Customers’ attitude towards online reviews on social media among youth in Bangalore. Int J Mech Eng Technol. 9(5):841–848.
Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen. Ed ke-1. Jakarta: Penerbit Ghalia.
Suryani T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Swastha B dan I. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Ed ke-5. Yogyakarta: Liberty.
Wiwik Widayanti. 2019. Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala. J Hum Bina Sarana Inform. Vol. 19, N(1):107–112.
DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i2.11037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id