ANALISIS SALURAN PEMASARAN KOMODITAS JAGUNG DI SESA PALLANTIKANG KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

Agus Ardiansyah, Mohammad Natsir, Rasdiana Mudatsir

Abstract


Indonesia merupakan negara agraris yang sangat besar, artinya sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam pembangunan nasional karena sektor ini menyerap sumber daya manusia yang paling besar dan memanfaatkan sumber daya secara efisien serta menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan margin pemasaran komoditas jagung di Desa Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran komoditas jagung di Desa Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dan snowball sampling. Snowball sampling artinya pengambilan sampel dengan mengikuti alur dan jalur rantai pasok jagung di lokasi penelitian. Data yang diperoleh di lapangan terlebih dahulu ditabulasikan secara sederhana kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran jagung di Desa Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto terdapat 3 saluran pemasaran yang digunakan petani yaitu: (a) Petani – Pabrik Japfa – Konsumen; (b) Petani – Pedagang Besar – Pabrik Japfa – Konsumen; (c) Petani – Pedagang pengumpul – Pedagang besar – Pabrik Japfa – Konsumen. (2) Margin pemasaran terbesar terdapat pada saluran pemasaran III yaitu Rp 2.500/Kg, saluran pemasaran III mempunyai margin pemasaran tertinggi karena banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat di dalamnya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih besar.


Keywords


Jagung, Saluran Pemasaran, Pallantikang

Full Text:

PDF

References


Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta

Ginting, Paham. 2006.Pemasaran Produk Pertanian. USU Press. Medan Kotler

Soeharjo. 2010. Sendi-sendi Pokok Usahatani. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian. Rajawali. Jakarta

Susanti Reni. 2017. Pengaruh Financial Leverage dan Return On Equity Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Bisma. Vol 1 No 11 (2017).

Tamburian, Yenny 2010. Kajian Usahatani Jagung Di Lahan Sawah Setelah Padi Melalui Pendekatan PTT Di Kabupaten Bolmong Sulawesi Utara. Jurnal. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara.

Widiastuti, N. dan M. Harisudin. 2013. Saluran dan Marjin Pemasaran Jagung di Kabupaten Grobogan (Online). SEPA : Vol. 9 No. 2 Februari 2013 : 231- 240. Diakses 4 Desember 2016.




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i2.11073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id