STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA PETIK MELON LADANG PRAYOGA

Norma Laily Fatimatus Sa'diyah, Amanatuz Zuhriyah, Slamet Widodo

Abstract


Daya tarik wisata alam dan budaya sebagai salah satu aset utama dalam pengembangan pariwisata Indonesia. Agrowisata Ladang Prayoga merupakan salah satu destinasi wisata berkonsep eduwisata yang menawarkan pengalaman petik buah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan Agrowisata Petik Melon Ladang Prayoga. Data dianalisis menggunakan AHP (Analysis Hierarchy Process) dengan bantuan software expert choice. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling, dengan memilih 5 informan yang terdiri dari pemilik, pegawai dan 3 pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian kriteria dari tertinggi ke terendah adalah daya tarik, fasilitas, pelayanan tambahan dan aksesibilitas. Pada kriteria daya tarik yaitu harga yang ditawarkan, aktivitas petik melon, edukasi pertanian dan pemandangan alam yang indah. Kriteria fasilitas yaitu toilet, area parkir, gazebo, dan spot foto. Kriteria aksesibilitas adalah akses jalan menuju lokasi, tersedia rambu petunjuk lokasi, dan lingkungan yang bersih. Kriteria pelayanan tambahan yaitu tersedia pemandu wisata, penjualan produk, dan restoran. Berdasarkan perhitungan bobot seluruh alternatif strategi terdapat prioritas utama yang memiliki peranan penting yaitu harga yang ditawarkan. 

Keywords


Daya tarik, Pariwisata, AHP, Strategi pengembangan

Full Text:

PDF

References


Alfitriani, Putri, W. A., & Ummasyroh. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Quran Al-Akbar Kota Palembang. Jurnal Aplikasi Manajemen & BIsnis, 1(2), 66–77.

Aliansyah, H., & Hermawan, W. (2019). Peran Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Jawa Barat. Bina Ekonomi, 23(1), 39–55. https://doi.org/10.26593/be.v23i1.4654.39-55

Anam, M. S., Yulianti, W., Fitrialoka, T., & Rosia, R. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Revisit Intentiondi Daya Tarik Wisata Waduk Malahayu. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 337. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p12

BPS. (2022). Data Produksi Tanaman Buah-buahan.

Dayan, M. A., & Sari, M. I. (2022). Potensi Agrowisata Berbasis Masyarakat. National Multidisciplinary Sciences, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.32528/nms.v1i1.11

Djuwendah, E., Karyani, T., & Wulandari, E. (2021). Potential Development Strategy for Attraction and Community-based Agrotourism in Lebakmuncang Village. E3S Web of Conferences, 249, 1–5. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202124901004

Farisa, I., Mulyati, A., & Marutha, A. (2018). Pengaruh Daya Tarik, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Agrowisata Petik Jeruk Sumbersono). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 4(2), 1–17.

Fauziawati, Yusi, M. S., & Maretha, F. (2021). Respon Pengunjung Terhadap Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Pelayanan Tambahan Kambang Iwak Park Kota Palembang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 179–188.

Kemenparekraf. (2023). Data Kunjungan Wisatawan, Kontribusi PBD, dan Penyerapan Tenaga Kerja.

Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal EMBA, 7(4), 5505–5513.

Lestyawati, D., Dewati, R., Arianti, Y. S., & Setyarini, A. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran di Agrowisata Barro Tani Manunggal Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Jurnal AGRISEMA, 2(1), 10–18.

Muhamad, A., Hakim, L., & Fatmawati. (2021). Strategi Pengembangan Parawisata Malino di Kabupaten Gowa. Unismuh, 2, 0–6.

Nabila, A. D., & Widiyastuti, D. (2018). Kajian Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas untuk Pengembangan Pariwisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten. Jurnal Bumi Indonesia, 7(2), 1–8.

Nurani, R., Roessali, W., & Ekowati, T. (2020). Strategi Pengembangan Agrowisata Jollong Di Kabupaten Pati. Pariwsata, 7(2), 80–91. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Nurhadi, I. (2018). Strategi Pengembangan Agrowisata di Perkebunan Dillem Wilis Kabupaten Trenggalek. Jurnal Agribisnis, 18(2), 14–26. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Purwaningrum, H. (2020). Faktor Eksternal Dan Internal Dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata Taman Buah Kusuma Agrowisata Kabupaten Batu Malang. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 20(10), 137–143. https://doi.org/10.31294/khi.v11i2.8855

Rifansyah, M., & Sihombing, D. (2022). Pengaruh Fasilitas, Lokasi dan Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Agrowisata Sawah Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(3), 153–170. https://doi.org/10.55927/ministal.v1i3.1149

Saputra, T. A., Fauzi, R. U. A., & Apriyanti. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas, Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Wisata Tani Betet Nganjuk. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 4, 2(1), 1–12.

Styaningrum, A., Rahayu, E. S., & Handayani, S. M. (2024). Analysis of Customer Satisfaction of Kebun Refugia Magetan Agrotourism in Magetan. SVU-International Journal of Agricultural Sciences, 6(1), 73–83. https://doi.org/10.21608/svuijas.2024.261379.1330

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://www.dinastirev.org/JIMT/article/view/1094%0Ahttps://www.dinastirev.org/JIMT/article/download/1094/658

Tantriana, D., & Widiartanto. (2019). Pengaruh Aksesibilitas , Experiental Marketing dan Electronic Word Of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 1–11.

Umar, R., Fadlil, A., & Yuminah, Y. (2018). Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(1), 27–34. https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5978

Yacob, S., Johannes, J., & Qomariyah, N. (2019). Visiting Intention: A Perspective of Destination Attractiveness and Image in Indonesia Rural Tourism. Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 3(2), 122–133. https://doi.org/10.29259/sijdeb.v3i2.122-133




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i2.12063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id