KARAKTERISTIK KONSUMEN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYURAN HIDROPONIK DI SWALAYAN KOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Peningkatan jumlah penduduk di Indonesia mencapai 275.773,8 ribu jiwa tahun 2022. Jumlah penduduk yang meningkat diikuti oleh laju pertumbuhan penduduk yang dapat menyebabkan kebutuhan pangan meningkat. Provinsi lampung memiliki 5 kota atau kabupaten yang mengalami laju pertumbuhan penduduk yang meningkat salah satunya Kota Bandar Lampung. Kota Bandar Lampung memiliki laju pertumbuhan penduduk yang meningkat di Tahun 2021 sebesar 2,16 persen. Pola hidup sehat yang disadari oleh masyarakat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hidroponik yang minim pestisida maupun bahan kimia. Sayuran hidroponik adalah jenis sayuran yang banyak dipasarkan di Swalayan. Kota Bandar Lampung merupakan ibu kota dari Provinsi Lampung yang memiliki banyak swalayan. Perbandingan penjualan sayuran di swalayan Kota Bandar Lampung sebanyak 30% sayuran hidroponik dan 70% sayuran non hidroponik, sehingga pemilihan swalayan dijadikan tempat pengambilan sampel. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen sayuran di swalayan Kota Bandar Lampung dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayuran hidroponik di Swalayan Kota Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan metode Accidental Sampling dan menggunakan analisis data metode kualitatif dan metode kuantitatif metode analisis data regresi logistik biner. Hasil dari penelitian yaitu karakteristik konsumen sayuran hidroponik mayoritas berjenis kelamin perempuan dengan rentan usia 26-45 tahun, pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil dan jumlah anggota keluarga 1 hingga 5 orang. Hasil analisis data regresi logistik biner ketepatan model menggunakan signifikansi Nagelkerke R square sebesar 64,7% dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran hidroponik di swalayan Kota Bandar Lampung meliputi faktor tingkat pendidikan, harga, pendapatan, frekuensi pembelian, pengetahuan sayuran hidroponik dan kesegaran sayuran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arimurti, N. H., Sularso, K. S., & Hartati, A. (2021). Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Beras Organik di Kabupaten Banyumas dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Forum Agribisnis, 11(1), 75–89. https://doi.org/10.29244/fagb.11.1.75-89
Astuti, E. P., Masyhuri, M., & Mulyo, J. H. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(1), 183–194. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18
BPS. (2022). Analisis Profil Penduduk Provinsi Lampung. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, 2015–2016. https://lampung.bps.go.id/indicator/12/45/1/jumlah-penduduk.html
BPS Indonesia. (2023). Statistik Indonesia 2023. In Statistik Indonesia 2020 (Vol. 1101001). https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html
Cypert, K., Prasetyo, E., & Setiadi, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Brokoli Organik Di Pasar Modern Gelael Semarang. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 12(2), 67. https://doi.org/10.19184/jsep.v12i2.10032
Devi, S. R. M., & Hartono, G. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik. Ilmu Pertanian, 27(1), 60. https://doi.org/10.24246/agric.2015.v27.i1.p60-67
Fajarani, E., Wildayana, E., & Elysa Putri, N. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik di Supermarket Diamond Kota Palembang. Jurnal Prodi Agribisnis, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.56869/kaliagri.v2i1.193
Handayani, S., Affandi, M. I., & Susanti, S. (2019). Analisis Karakteristik Mutu Beras Organik Varietas Mentik Susu Dan Sintanur. Journal of Food System & Agribusiness, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.25181/jofsa.v2i2.1113
Kurniasih, P., & Prihtanti, M. T. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Kota Salatiga. ZIRAA’AH, 44(3), 347–356.
Kurniawati, L., Wardhana, M. Y., & Jakfar, F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Di Pasar Simpang Tujuh Ulee Kareng. Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.17969/jimfp.v6i1.16527
Kusmaria, K., Asmarantaka, R. W., & Harianto, H. (2017). Analisis Penentuan Rafaksi Dan Pengaruhnya Terhadap Pilihan Saluran Pemasaran Petani Ubi Kayu Di Kabupaten Lampung Tengah. Forum Agribisnis, 6(2), 129–144. https://doi.org/10.29244/fagb.6.2.129-144
Prabowo, R., Bambang, A. N., & Sudarno. (2020). Pertumbuhan Penduduk dan Alih Fungsi Lahan Pertanian. Mediagro, 16(2), 26–36.
Rasmikayati, E., Shafira, N. A., Fauziah, Y. D., Ishmah, H. A. N., Saefudin, B. R., & Utami, K. (2020). Keterkaitan Antara Karakteristik Konsumen Dengan Tingkat Kepuasan Mereka Dalam Melakukan Pembelian Sayuran Organik Di Pasar Modern Kota Medan. Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 5(1). https://doi.org/10.24198/agricore.v5i1.28853
Tando, E. (2019). Pemanfaatan Teknologi Greenhouse Dan Hidroponik Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim Dalam Budidaya Tanaman Hortikultura. Buana Sains, 19(1), 91. https://doi.org/10.33366/bs.v19i1.1530
Tinambo, T. A., & Sunaryanto, L. T. (2021). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Bale Hidroponik Salatiga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(3), 762. https://doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5668
Vista, A., Roessali, W., & Mukson, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Organik di Pasar Modern Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(1), 108–115. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.10
DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i2.12266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id