PENGARUH LAYANAN PASAR LELANG CABAI DIGITAL TERHADAP KEPUASAN PETANI DI KAPANEWON WATES, KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Pasar lelang cabai berbasis digital “dipanen.id” mempermudah pengelola pasar lelang dalam kegiatan lelang cabai. Aplikasi digital yang digunakan pengelola pasar lelang belum bisa dijadikan ukuran secara pasti bahwa layanan pasar lelang cabai digital dapat memberikan sebuah kepuasan terhadap petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan pasar lelang cabai digital dan kepuasan petani, serta menganalisis pengaruh layanan pasar lelang cabai digital terhadap kepuasan petani. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Tani Tani Rejo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel sebanyak 32 responden. Hasil analisis tingkat kualitas layanan pasar lelang cabai digital (X) meliputi: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dari seluruh variabel memperoleh kategori tinggi dengan nilai total skor tertinggi adalah variabel empathy dan terendah adalah variabel responsiveness . Kepuasan petani (Y) meliputi: harapan, minat menggunakan pasar lelang kembali, dan keinginan untuk memberi izin memperoleh kategori tinggi. Pengaruh kualitas pelayanan pasar lelang cabai digital terhadap kepuasan petani secara parsial Uji T menggunakan taraf signifikansi 5%. Uji F pada penelitian ini diperoleh nilai signifikansi sebesar <0,001 yang artinya variabel independen (X) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (Y). Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor total terendah pada variabel dependen (X) yaitu daya tanggap dengan indikator ketanggapan pasar lelang dalam permasalahan harga cabai yang fluktuatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiya, Nanda Yoga Et Al. 2023. “Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda.” Jurnal Riset Akuntansi Soedirman 2(2):102–10. Doi: 10.32424/1.Jras.2023.2.2.10792.
Agustin, Rahmi Dwi Et Al. 2021. “Sido Dadi Di Kabupaten Kulon Progo.” 17(2):174–84.
Apriyanti, Cikit Et Al. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt.Permodalan Nasional Madani (Persero),Tbk Cabang Rejang Lebong.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma) 3(3):809–16. Doi: 10.47709/Jebma.V3i3.3106.
Bappebti. 2017. “Pasar Lelang Komoditas Memperpendek Mata Rantai Perdagangan.” 7.
Bappebti. 2017. “Pasar Lelang Komoditas.” 1.
Bsn. 2016. “Sni 4480:2016 : Cabai.” Badan Standarisasi Nasional 15.
Diana, Sulis Et Al. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien.” Journal Of Telenursing (Joting) 5(2):3266–72. Doi: 10.31539/Joting.V5i2.7710.
Gunarto, Muji. 2017. “Tranformasi Data Ordinal Ke Interval Dengan Method Of Successive Interval (Msi).” Researchgate (10):1–8. Doi: 10.13140/Rg.2.2.30002.20162.
Gusti, Irganov Maghfiroh Et Al. 2022. “The Affecting Of Farmer Ages, Level Of Education And Farm Experience Of The Farming Knowledge About Kartu Tani Beneficial And Method Of Use In Parakan Distric, Temanggung Regency.” Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah 19(2):209–21. Doi: 10.36762/Jurnaljateng.V19i2.926.
Irma, Ade. 2020. “Pengaruh Tangible Dan
Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel Medan.” Niagawan 9(3):164. Doi: 10.24114/Niaga.V9i3.19010.
Marande, Yunruth. 2017. “Jurnal Ilmiah Administratie.” Jurnal Ilmiah Administratie 8(73):33–39.
Medika, Jurnal Menara. 2023. “Jurnal Menara Medika Https://Jurnal.Umsb.Ac.Id/Index.Php/Menaramedika/Index Jmm 2023 P-Issn 2622-657x, E-Issn 2723-6862.” 5(2):159–65.
Practices, Agriculture Et Al. 2020. “3) 1,2,3.” 1(3).
Puspitasari, Anisa Et Al. 2020. “Struktur, Perilaku Dan Kinerja Pemasaran Cabai Rawit Merah Di Kecamatan Cigalontang.” Agibussines System Scientific Journal 1(1):43–55.
Rochaety, Eti Et Al. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi Spss Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Rohman, Abdul. 2016. “Kinerja Kelembagaan Dan Transparansi Harga Pada Pasar Lelang Cabai Merah Di Kabupaten Kulon Progo.” 1–23.
Rusdiana, Eka. 2015. “Kata Kunci: Cabai, Kelembagaan, Manajemen, Pasar Lelang.” 49–64.
Rusdiyana, Eksa. 2018. “Peran Pasar Lelang Dalam Pemasaran Cabai Di Kelompok Tani Lahan Pasir Pantai Kulon Progo, Yogyakarta.” Caraka Tani: Journal Of Sustainable Agriculture 32(1):1. Doi: 10.20961/Carakatani.V32i1.14666.
Sari, Devi Permata, And Mia Angelina Setiawan. 2021. “Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Perusahaan, Resiko Bisnis Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang.” Jurnal Eksplorasi Akuntansi 3(2):384–99. Doi: 10.24036/Jea.V3i2.367.
Sonani, Nia, And Iis Anisa Yulia. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan.” Jurnal Visionida 7(1):15–21.
Sugiyanto, Eviatiwi Kusumaningtyas, And Fera Kurniasari. 2020. “Dimensi Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang).” Business Management Analysis Journal (Bmaj) 3(2):112–25. Doi: 10.24176/Bmaj.V3i2.5372.
Suwaldiman, Suwaldiman, And Afuan Fajrian Putra. 2016. “Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Akuntansi Dalam Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak).” Jurnal Aplikasi Bisnis 15(9):1873–92. Doi: 10.20885/Jabis.Vol15.Iss9.Art6.
Syam, Lia Fauziah Et Al. 2023. “Keragaan Kelembagaan Pasar Lelang Dalam Pemasaran Produk Pertanian.” Jurnal Agribisnis Indonesia 11(1):122–35. Doi: 10.29244/Jai.2023.11.1.122-135.
Yuditya, Azzahra Et Al. 2023. “Fluktuasi Harga Dan Integrasi Pasar Cabai Merah Besar (Studi Kasus: Pasar Induk Kramat Jati Dan Pasar Eceran Di Dki Jakarta).” Indonesian Journal
Of Agriculture Resource And Environmental Economics 2(1):1–13. Doi: 10.29244/Ijaree.V2i1.50669.
DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i2.12406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id