KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK EDIBLE FLOWERS
Abstract
Edible flowers merupakan komoditas agribisnis yang permintaannya diperkirakan selalu meningkat. Sayangnya, PT Ijo Kreasi Indonesia sebagai produsen edible flowers di Kota Bandung dihadapi masalah stagnasi penjualan pada tahun 2023 dan penurunan jumlah konsumen pada periode 2022-2023 dengan rendahnya tingkat pembelian ulang konsumen. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis kepuasan konsumen terhadap harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk edible flowers, serta menganalisis atribut-atribut yang kinerjanya perlu diperbaiki dan dipertahankan. Penelitian ini menerapkan desain kuantitatif melalui teknik survei. Sampel penelitian berjumlah 71 responden yang dipilih secara proportional random sampling. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, Customer Satisfaction Index, dan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen didominasi oleh perempuan dengan usia 20-25 tahun, tempat tinggal di Kota Bandung, pendidikan D4/S1, pekerjaan wiraswasta, rata-rata pendapatan Rp6.541.549, dan rata-rata frekuensi pembelian sebanyak 34 kali per tahun. Nilai Customer Satisfaction Index sebesar 76,70% yang tergolong cukup mengkhawatirkan. Hasil Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa atribut yang perbaikannya perlu diutamakan adalah harga rendah, keramahan karyawan, edible flowers segar dan bebas kontaminasi, kemasan edible flowers yang baik, dan ketersediaan edible flowers.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, A. R. (2022). Analisis Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Edible Flower Jenis Pansy dan Viola pada PT Ijo Kreasi Indonesia.
Ayesha, I. (2017). Analisis Rantai Pasokan Komoditas Florikultura sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Bandung Barat. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1(2), 133. https://doi.org/10.25157/ ma.v1i2.55
Badan Pusat Statistik. 2023. Indikator Pertanian. 2022. Jakarta.
Dhiyaa, A. R., & Sulistyowati, L. (2023). Strategi UMKM PT Ijo Kreasi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Strategy of PT Ijo Kreasi Indonesia Sme Post Covid-19 Pandemic. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 3247-3261.
Direktorat Jenderal Hortikultura. 2022. Rencana Strategis Direktorat Buah dan Florikultura Tahun 2020-2024. Jakarta.
Ebrahimzadeh Pezeshki, R., Sabokro, M., & Jalilian, N. (2020). Developing Customer Satisfaction Index in Iranian Public Higher Education. International Journal of Educational Management, 34(7), 1093–1104. https://doi.org/10.1108/IJEM-11-2018-0378
Grzeszczuk, M., Stefaniak, A., & Pachlowska, A. (2016). Biological Value Of Various Edible Flower Species Monika Grzeszczuk , Anna Stefaniak , Anna Pachlowska. Acta Sci. Pol. Hortorum Cultus, 15(2), 109–119.
Guiné, R. P., Florença, S. G., Ferrão, A. C., & Correia, P. M. (2019). Investigation about the consumption of edible flowers in portugal. Indian Journal of Traditional Knowledge, 18(3), 579–588.
Helia, V. N., Abdurrahman, C. P., & Rahmillah, F. I. (2018). Analysis of customer satisfaction in hospital by using Importance-Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). MATEC Web of Conferences, 154, 0–4. https://doi.org/10.1051/matecconf/ 201815401098
Larasati, E., & Sadeli, A. H. (2021). Sikap Konsumen Terhadap Komoditas Edible Flowers ( Suatu Kasus Pada Ijo Hydro Rooftop Garden And Hydroponic Market ) Consumer Attitudes Towards Edible Flowers Commodity ( A Case In Ijo Hydro Rooftop Garden And Hydroponic Market ). Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 14–24.
Nicknezhad, S., Hashemabadi, D., Allahyari, M. S., Marzban, S., Ben Hassen, T., & Surujlal, J. (2023). Sensorial analysis of factors influencing consumers’ perceptions toward the consumption of edible flowers in Iran. Journal of Agriculture and Food Research, 12(April), 100580.https://doi.org/10.1016/j.jafr.2023.100580
Praswati, A. N., Syamsudin, S., Isa, M., & Prijanto, T. (2016). STRATEGI PEMASARAN KATALOG PRODUK (Studi Kasus Pengrajin Bambu Sukodono Sragen). Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 149. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i2.3258
Pratiwi, R. B. T. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Persepsi Harga terhadap Brand Loyalty: Survei pada Reseller Mukena Arrinda Collection. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3463–3467. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/843%0Ahttps://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/843/672
Rahmasari, A. F., Mulyana, A. R., & Isnaini, W. (2022). Perancangan Brand Identity Eve Edible Flower. Fad, 13.
Ramadhani, P. D., Koestiono, D., & Maulidah, S. (2014). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Pelayanan Pemasok Bunga Potong Krisan. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Pelayanan Pemasok Bunga Potong Krisan, 25(3), 151–161.
Rihn, A. L., Yue, C., Behe, B., & Hall, C. (2011). Generations X and Y Attitudes toward Fresh Flowers as Gifts: Implications for the Floral Industry. HortScience, 46(5), 736–743.https://doi.org/10.21273/ hortsci.46.5.736
DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i2.12627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id