Strategi Pengembangan Produk Pertanian Pada Cv XYZ Di Kota Malang

Putra - Irwandi, Ninda - Novita, Erwinda Mufidah Izzati

Abstract


Manajemen Strategis usaha dalam pengembangan produk sangat penting dilakukan dalam keberlanjutan usaha bisnis, khususnya pada sektor pertanian. Salah satu agroindustri yang bergerak di bidang pertanian yakni pupuk cair adalah CV XYZ di Kabupaten Malang. Penelitian ini berfokus dalam mengindentifikasi manajemen strategis pengembangana produk melalui analisis 7P dan STP. Tidak hanya itu, analisis ini juga dilakukan dengan pendekatan SWOT dan nilai tambah usaha. Dasar penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan usaha yang kompetitif dan kompleksitas permasalahan bisnis lainnya. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan CV XYZ memiliki stategi pemasaran 7P yang terdiri price, people, product, process, place, physical evidence, and promotion dan STP. Analisis SWOT yang terdiri faktor internal dan eksternal. Faktor internal tersebut diantaranya memiliki memiliki fasilitas yang cukup untuk mengembangkan usaha,memiliki mutu dan kualitas produk yang terjamin, dan lainnya. Namun masih terdapat kelemahan dari setiap kekuatan yang dimiliki perusahaan CV XYZ tersebut. Pada faktor eksternal perusahaan dilihat dari segi peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Diantaranya teknologi yang digunakan oleh CV XYZ ialah menunjukkan secara langsung mengenai kualitas produk dengan metode demo plot. Sedangkan dari hasil analisis nilai tambah didapatkan nilai Rp6.000.000 yang didistribusikan pada berbagai proses bisnis antara lain bahan baku, tenaga kerja, dan keuntungan.

Keywords


Nilai Tambah; Strategi Pengembangan; SWOT; STP

Full Text:

PDF

References


Cahya, W. (2020). Analisis Swot Terhadap Pt. Chandra Sakti Utama Leasing Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pembiayaan Alat Berat. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 1(1), 21–30. https://doi.org/10.55122/junsibi.v1i1.104

Fajriyah, L., & Titin, K. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Pada CV Wiramitra Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 49–60. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63381/LAILATUL FAJRIYAH.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Huda, A. N., Prayoga, I. A., & Wahid, E. R. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA PEMBUATAN WEBSITE PADA CV DIGITAL DAYAGUNA NUSANTARA DI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 568–575.

Indryani, A., Mubarokah, & Widayanti, S. (2023). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Tahu Di Ud Alam Semi Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian, 19(2), 204–217.

Irwandi, P. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN SEKTOR PARIWISATA DESA BOJONGSARI. Jurnal Agristan, 5(2), 345–367.

Irwandi, P., Haryati, N., & L, D. S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Coklat Tempe Di Kota Malang. MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 5(1), 311. https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1686

Lestari et al. (2021). Analisis Nilai Tambah Aneka Olahan Bubuk Kopi Robusta Berbasis Industri Rumah Tangga (Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam). Paradigma Agribisnis, 3(2), 56. https://doi.org/10.33603/jpa.v3i2.4951

Marhawati, M., & Nurjannah, N. (2024). Pendapatan Dan Nilai Tambah Usaha Kopi Bentenge Di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(1), 203. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.01.16

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Muhammad Devrian Adi Putra , Suwarsinah, H. K., & Novianti, T. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS CV. MSA DI MAJALAJA, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 5(3), 478–489.

Pratiwi, D. E., Setiawan, B., Gutama, W. A., Priminingtyas, D. N., & Irwandi, P. (2024). Penerapan Analisis SWOT dan Analytical Network Process dalam Strategi Pengembangan BUMDes di Jawa Timur SWOT Analysis Application and Analytical Network Process in BUMDes Development Strategy in East Java. 20(01), 165–177.

Sasongko, M. Z., & Suprayitno, E. D. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis CV. Tirta Bening Sumber Alami Trenggalek. Jurnal Tecnoscienza, 1(2), 49–63.

Wibowo, Y., & Palupi, C. B. (2022). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Biji Kopi Arabika (Studi Kasus: Rumah Kopi Banjarsengon, Jember). Jurnal Agroteknologi, 16(01), 37. https://doi.org/10.19184/j-agt.v16i01.28209

Zainuri, R., & Budi Setiadi, P. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis: Analisis Swot Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan. Jurnal Maneksi, 12(1), 22–28. https://doi.org/10.31959/jm.v12i1.1364




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v7i2.14794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id