Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Udang Di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan
Abstract
Di Kecamatan Socah, banyaknya jumlah produsen kerupuk udang menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Ada produsen yang menawarkan harga yang lebih terjangkau, sementara yang lain fokus pada kemasan yang lebih praktis, modern dan inovasi variasi bentuk kerupuk. Kondisi ini membuat para produsen harus berinovasi dan kreatif dalam menawarkan suatu produk dibandingkan dengan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen dalam keputusan pembelian kerupuk udang di Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis konjoin dengan sampel sebanyak 45 responden yang dipilih menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian adalah harga, diikuti oleh ukuran, bentuk, kemasan, dan layanan pemesanan. Konsumen lebih menyukai kerupuk udang dengan harga terjangkau Rp 8.000, ukuran praktis 100g, bentuk menarik yaitu bunga, kemasan pouch, serta layanan pemesanan pesan antar. Rekomendasi yang dapat dilakukan produsen kerupuk udang di Kecamatan Socah yakni perlu mempertahankan dan memproduksi kerupuk udang sesuai dengan level atribut yang diinginkan konsumen seperti harga Rp 8.000, ukuran 100g, kemasan pouch, dan bentuk bunga. Bagi produsen yang belum melakukan metode layanan pesan antar sebaiknya mulai menyediakan opsi pemesanan online melalui WhatsApp guna mempermudah konsumen dan memperluas jangkauan pasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akantu, R., Sahara, L. O., & Gubali, S. I. (2023). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Nugget Ayam di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jambura Journal Of Tropical Livestock Studies, 1(1), 16–24.
Aminuloh, A. F., Supenti, L., & Kamsiah, K. (2019). Analisis Permasalahan Usaha Garam Rakyat di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 13(1), 93–105.
Arif, F. K. (2023). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kerupuk Udang Di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 3(1), 45-55.
Attahmid, N. F. U., Yusuf, M., Syahriati, & Saleh, R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Pascapanen Hasil Perikanan untuk Meningkatkan Kualitas dan Nilai Ekonomis Produk Perikanan. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara Vol., 1(3), 31–38.
Aydin, R., & Mansour, M. (2023). Investigating Sustainable Consumer Preferences For Remanufactured Electronic products. Journal of Engineering Research (Kuwait), 11(1).
Budi, A., & Suprapti, I. (2022). Preferensi Konsumen Keripik Jagung Tatochis Produksi UD. Tajul Anwar. Agriscience, 2(3), 841–855.
Diana, & Hayati, M. (2021). Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Singkong Turbo Sakti Di Kabupaten Sumenep. Agriscience, 2(1), 165–183.
Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan. (2022). Data Jumlah Nelayan dan Produksi Perikanan Laut di Kabupaten Bangkalan. Departemen Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan.
Dwiastari, K. Y., Susrusa, K. B., & Artini, W. P. (2019). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Buah Jeruk Impordan Buah Jeruk Lokal di Kota Denpasar, Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 8(3), 391–400.
Fadilah, A. N., Dwi, R., & Nugroho, A. (2023). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sirup Salak Produksi Kelompok Tani Ambudi Makmur Desa Kramat, Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 4(1), 1–23.
Gustina, V. A., & Gusnita, W. (2023). The Effect Of Potato Starch Substitution On The Quality Of Pukis Cake. Jurnal Pendidikan Tata Boga Dan Teknologi, 4(1), 138–144.
Hasbi, A. R., & Sari, H. (2019). Preferensi Konsumen terhadap Produk Olahan Sagu. Jurnal Galung Tropika, 8(3), 235–242.
Holinesti, R., Insan, R. R., & Sartika, I. (2022). Analysis of the Wet Noodles Quality Produced From the Purple Sweet Potato Flour. Jurnal Pendidikan Tata Boga Dan Teknologi, 3(2), 31.
Husyein, A. (2006). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Restoran McDonald’s Indonesia. SKRIPSI. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Isfar, F., & Widowati. (2020). Analisis Konjoin untuk Mengidentifikasi Preferensi Konsumen terhadap Busana Pesta di Butik Fenny Chen. Fashion and Fashion Education Journal, 9(1), 116–122.
Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162.
Komarek, A. M., Dunston, S., Enahoro, D., Godfray, H. C. J., Herrero, M., Mason-D’Croz, D., Rich, K. M., Scarborough, P., Springmann, M., Sulser, T. B., Wiebe, K., & Willenbockel, D. (2021). Income, consumer preferences, and the future of livestock-derived food demand. Global Environmental Change, 70.
Manafe, L. A., & Anigomang, F. R. (2021). Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Kerupuk pada Cv. Panda Unyil Kerupuk Sidoarjo. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 81–89.
Mananeke, L., & Rogi, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP) terhadap Keputusan Pembelian Produk BP-Smart Protection di AJB Bumiputera 1912 Cabang Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 4073–4082.
Maria, V., Hidayatullah, A., Putri, U., Sabilah, R., Mursidah, N., Ramdhany, L., & Syauqi, F. (2024). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Kota Serang. Benefits: Journal of Economics and Tourism, 1(1), 1–15.
Mongi, R. J., & Gomezulu, A. D. (2022). Descriptive sensory analysis, consumer acceptability, and conjoint analysis of beef sausages prepared from a pigeon pea protein binder. Heliyon, 8(9).
Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2021). The Analysis of Segmentation, Targeting, Positioning (STP) on Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang, 2(1), 28-294.
Nugroho, T. S., & Sukmawati, U. (2020). Pengaruh Metode Pengeringan Kerupuk Udang Windu (Paneaus monodon) Terhadap Daya Kembang Dan Nilai Organoleptik. Manfish Journal (Marine, Environment, and Fisheries), 1(2), 107–114.
Nurjayanti, S., Alim Bahmid, N., & Karim, I. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Dinamika Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bawang Merah Goreng. Jurnal Bisnis, Manajamen, Dan Informatika (JBMI), 20(2), 136.
Okon, U. B., Sobukola, O. P., Adebowale, A. A., Bakare, H. A., Omidiran, A. T., & Akinlade, F. A. (2022). Effect of process variables on some quality attributes of instant ‘Akara iwe’-a cassava based fried snack from grits. Applied Food Research, 2(1).
Oktini, D. R. (2018). Kajian atas Preferensi dan Perilaku Pasar dalam rangka Merumuskan Strategi Pemasaran (Kasus pada Petani Budidaya Ikan Lele di Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 145–160.
Pangestu, L., Fauziyah, E., & Triyasari, S. (2022). Preferensi Konsumen dalam Membeli Keripik Singkong di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 3, 775–787.
Permatasari, S. D., & Suprapti, I. (2021). Preferensi Konsumen Madu Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan (Studi Kasus : UMKM Lufa Madu Murni). Agriscience, 1(3), 685–697.
Priandi, M., Wijaya, P., Khalilly, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (n.d.). PKM Peningkatan Daya Saing Olahan Keripik Singkong Rasa Jamur Melalui Pengembangan Kemasan Dan Digital Marketing Di Desa Petanang Program KKN Tematik MBKM. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (PRIMA), 2(1), 20–29.
Ramadhani, F., Barokah, U., & Sutrisno, J. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Teh Di Kabupaten Sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian, 4(1), 21–29.
Rasmikayati, E., Fauziah, Y. D., Trimo, L., Andriani, R., Kusumo, B., & Saefudin, B. R. (2021). Analisis Karakteristik Konsumen Produk Olahan Mangga Ditinjau Dari Aspek Demografis, Geografis, Psikografis Serta Perilaku Konsumen Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1618–1638.
Riszinin, Y. M., & Nugroho, T. R. D. A. (2022). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Keripik Singkong di UD. Sumber Mutiara Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Agriscience, 3(1), 58–71.
Rokhman Permadi. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Terasi Udang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 5(1), 49.
Samsukdin, Hasbullah, M. S., Musyafak, & Ubaidillah, A. (2022). Analisis risiko operasional pada umkm lamora di kecamatan socah kabupaten bangkalan. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 7(2), 159–167.
Sari, R. (2023). Analisis Persepsi dan Preferensi Konsumen Pada Kualitas, Kemasan, Varian Rasa dan Merek Produk Kerupuk Melarat di Desa Belendung Karawang. Journal on Education, 06(01), 4543–4551.
Sasangka, I., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi & Akuntansi (MEA), 2(1), 129–154.
Sokoastri, V. (2020). Preferensi Konsumen Dan Strategi Pemasaran Produk Olahan Kelapa Kopyor. Forum Agribisnis, 10(2), 145–154.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U., & Palupi, E. (2017). Preferensi Konsumen terhadap Buah-Buahan Lokal dan Organik serta Implikasinya terhadap Pendidikan Konsumen Cinta Produk Nasional. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 157–168.
Sundari, R. S., & Umbara, D. S. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Agroindustri Abon Ikan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 36–43.
Ummah, H., & Hayati, M. (2022). Preferensi Konsumen Jamu Kunyit Asam di Madura. Agriscience, 2(3), 729–742.
Wahyuni, T., Nurliza, & Kurniati, D. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kerupuk Ikan Di Kota Sintang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 6(1), 101–108.
Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 107–112.
Yusriana, Erfiza, N., Jainuddin, & Nilda, C. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Kue Bhoi Khas Aceh Di Kota Banda Aceh. Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, 9(2), 76–81.
DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v7i2.15119
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id



