Analisis Pemasaran Pisang Nangka

Riska Fitriani Nuramalia, Rina Nuryati, Suyudi Suyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya, keuntungan, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran pada pemasaran pisang nangka. Metode penelitian menggunakan survei. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah snowball sampling. Tempat penelitian di Desa Ciampanan Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya dilakukan pada bulan Juni hingga September 2020. Hasil penelitian menunjukkan : terdapat 3 saluran pemasaran pisang nangka, yaitu : saluran pemasaran I : petani – pedagang pengumpul – pedagang besar desa – konsumen antara, saluran pemasaran II : petani - pedagang pengumpul – pedagang besar luar desa – pedagang pengecer – konsumen akhir, saluran pemasaran III : petani - pedagang pengumpul – pedagang besar desa – pedagang besar luar desa – pedagang pengecer – konsumen akhir.  Biaya pemasaran tertinggi terdapat pada saluran pemasaran III sebesar Rp 2.114,8/kg sedangkan biaya pemasaran terendah terdapat pada saluran pemasaran I sebesar Rp 1.117,9/kg. Keuntungan pemasaran tertinggi terdapat pada saluran pemasaran III sebesar Rp 2.885,2/kg sedangkan keuntungan pemasaran terendah terdapat pada saluran pemasaran I sebesar Rp 682,1/kg. Berdasarkan analisis margin pemasaran dan farmer’s share saluran yang efisien adalah saluran pemasaran I dengan nilai margin pemasaran sebesar 18,2 persen dan nilai farmer’s share sebesar 52,6 persen. Berdasarkan analisis efisiensi pemasaran saluran I,II dan III sudah efisien, namun saluran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I dengan nilai efisiensi pemasaran sebesar 29,4 persen.

Keywords


saluran pemasaran, efisiensi pemasaran, pisang nangka

Full Text:

PDF

References


Agustina, Adang. 2008. Pola Industri Komoditas Kentang. Kabupaten Bandung, Jawa barat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol, 9, No. 1, hal. 96-106.

Ambarita. 2015. Identifikasi Karakter Morfologis Pisang (Musa sp.) di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agroterknologi Vol 4 No. 1. Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara. Medan

Baladina, N. Anindita, R. Ariani, R. P. 2011. Analisis Efisiensi pemasaran durian di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. [Jurnal]. Habitat. 22 (1): 1-11.

BPS. 2020. Kabupaten Tasikmalaya dalam Angka 2019.

Kohls dan Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Limbong, W.H. dan Sitorus,P. 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian. Diklat, Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. IPB. Bogor.

Meliati, N. 2002. Kelembagaan Pemasaran Pertanian : Permasalahan, Tantangan dan Alternatif Solusinya. Jakarta: Usese.

Rozalina dan Akbar,A. 2016. Analisis Pemasaran Pisang (Musa paradisiaca L.). [Jurnal].

Fakultas Pertanian. Universitas Samudra.

Saefuddin. 1985. Tataniaga Pertanian. Departemen Sosek, IPB. Bogor.

Singarimbun, M dan Efendi, S. 2006. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Soekartawi, 1997. Analisis Fungsi Produksi. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.




DOI: https://doi.org/10.37058/ja.v2i2.2351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id