Analisis Strategi Pemasaran Produk Jamur Tiram di Perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) Kota Semarang

Ricky Deardo Saragih

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) Kota Semarang. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan juga ancaman (treats) yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur), dimana dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan memperhatikan elemen 4p (product, price, place dan promotion). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Studi Kasus (Case Study). Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada suatu objek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus.

Berdasarkan semua analisis diatas, alat yang digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan yaitu dengan menggunakan matriks SWOT. Matriks tersebut dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eskternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki perusahaan. Matriks SWOT dapat menghasilkan 4 set kemungkinan alternatif strategi. Dengan menggunakan analisis SWOT dapat diperoleh hasil bahwa perusahaan dapat mengambil alternatif strategi ST, WT, SO dan WO. Hasil analisis internal dan eksternal perusahaan beserta diagram cartesius menjadi faktor dalam menentukan strategi utama yang digunakan oleh perusahaan Jati Nikmat (Jaka makmur). Strategi utama Perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) adalah Strategi Growth (perkembangan) dimana Jati Nikmat (Jaka Makmur) dapat mengembangkan produk jamur tiram dengan cara menambah sumber daya manusia serta memanfaatkan promosi yang lebih baik. Selain itu, berdasarkan matriks SWOT juga dapat disimpulkan beberapa pengembangan melalui pertimbangan faktor internal dan eksternal perusahaan yang dapat bermanfaat bagi kemajuan Jati Nikmat (Jaka Makmur).


Keywords


strategi pemasaran, analisis SWOT, matriks SWOT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v4i1.3929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id

 

slot demo rtp slot slot online slot gacor RTP Delta88 rtp slot slot gacor terbaru sbobet88 Togel Online Slot Dana DELTA88 mix parlay Jasa pintar slot online slot bonus new member Situs Judi Bola slot qris situs judi bola Slot Bonus Slot Shopeepay Kumpulan Slot Gacor Terbaru Update-an Bulan Ini Gacor Gampang Menang Gampang Menang Atau Maxwin slot88 5k gacor slot gacor slot online slot zeus gacor88 bos9 slot Slot Gacor Slot Server Luar slot gacor stopbot stop bot stopbot.net Delta88 delta88 slot slot gacor slot gacor slot gacor toto88 slot online slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot jepang slot dana slot gacor slot online slot shopeepay slot thailand slot77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor result sgp slot dana slot maxwin slot online slot shopeepay slot online slot gacor slot online slot gacor parlay slot dana slot gacor slot online sbobet slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot shopeepay slot gacor slot gacor slot shopeepay slot gacor slot gacor slot gacor slot thailand slot gacor Delta88