Analisis Strategi Pemasaran Produk Jamur Tiram di Perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) Kota Semarang

Ricky Deardo Saragih

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) Kota Semarang. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan juga ancaman (treats) yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur), dimana dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan memperhatikan elemen 4p (product, price, place dan promotion). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Studi Kasus (Case Study). Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada suatu objek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus.

Berdasarkan semua analisis diatas, alat yang digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan yaitu dengan menggunakan matriks SWOT. Matriks tersebut dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eskternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki perusahaan. Matriks SWOT dapat menghasilkan 4 set kemungkinan alternatif strategi. Dengan menggunakan analisis SWOT dapat diperoleh hasil bahwa perusahaan dapat mengambil alternatif strategi ST, WT, SO dan WO. Hasil analisis internal dan eksternal perusahaan beserta diagram cartesius menjadi faktor dalam menentukan strategi utama yang digunakan oleh perusahaan Jati Nikmat (Jaka makmur). Strategi utama Perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) adalah Strategi Growth (perkembangan) dimana Jati Nikmat (Jaka Makmur) dapat mengembangkan produk jamur tiram dengan cara menambah sumber daya manusia serta memanfaatkan promosi yang lebih baik. Selain itu, berdasarkan matriks SWOT juga dapat disimpulkan beberapa pengembangan melalui pertimbangan faktor internal dan eksternal perusahaan yang dapat bermanfaat bagi kemajuan Jati Nikmat (Jaka Makmur).


Keywords


strategi pemasaran, analisis SWOT, matriks SWOT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v4i1.3929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id