Pemasaran Cabai Rawit Varietas Ori 212 dari Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis sampai Pasar Caringin Kota Bandung

Sri Mulyaningsih, Eri Cahrial, Rina Nuryati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan, margin pemasaran, dan farmer’s share, serta efisiensi pemasaran cabai rawit. Metode penelitian menggunakan survei, penentuan responden dengan snowball sampling terdiri dari 3 orang pedagang pengumpul, 5 orang pedagang besar, dan 14 orang pedagang pengecer. Lokasi penelitian di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis dari November 2021-Juli 2022. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang besar Panumbangan → Pedagang besar Cikurubuk → Pedagang pengecer → Konsumen akhir; Saluran II: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang besar Caringin → Pedagang Pengecer → Konsumen akhir; Saluran III: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang pengecer → Konsumen akhir. Fungsi pemasaran yang dilaksanakan yaitu fungsi pertukaran berupa penjualan dan pembelian dilakukan seluruh lembaga pemasaran pada masing-masing saluran, Semua lembaga pemasaran pada setiap saluran melaksanakan fungsi fisik berupa pengangkutan, sedangkan penyimpanan hanya dilakukan pedagang besar Cikurubuk, pedagang besar Caringin dan pedagang pengecer di setiap saluran. Fungsi fasilitas berupa pembiayaan, penanggungan risiko, dan informasi pasar dilakukan seluruh lembaga pemasaran pada masing-masing saluran, sedangkan sortasi hanya dilakukan pedagang besar Cikurubuk, pedagang besar Caringin, dan pedagang pengumpul serta pedagang pengecer di setiap saluran. Biaya saluran pemasaran I, II, dan III yaitu Rp11.666,91/kg, Rp9.558,42/kg, dan Rp8.410,46/kg. Keuntungan saluran pemasaran I, II, dan III yaitu Rp18.333,09/kg, Rp19.191,58/kg, dan Rp19.589,54/kg. Margin pemasaran saluran I, II, dan III adalah Rp30.000/kg, Rp28.750/kg, dan Rp28.000/kg. Farmer’s share saluran I, II, dan III adalah 60 persen, 61,54 persen, dan 62,16 persen. Saluran pemasaran I, II, dan III sudah efisien.


Keywords


Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Cabai Rawit

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v4i2.5480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id

 

slot demo rtp slot slot online slot gacor RTP Delta88 rtp slot slot gacor terbaru sbobet88 Togel Online Slot Dana DELTA88 mix parlay Jasa pintar slot online slot bonus new member Situs Judi Bola slot qris situs judi bola Slot Bonus Slot Shopeepay Kumpulan Slot Gacor Terbaru Update-an Bulan Ini Gacor Gampang Menang Gampang Menang Atau Maxwin slot88 5k gacor slot gacor slot online slot zeus gacor88 bos9 slot Slot Gacor Slot Server Luar slot gacor stopbot stop bot stopbot.net Delta88 delta88 slot slot gacor slot gacor slot gacor toto88 slot online slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot jepang slot dana slot gacor slot online slot shopeepay slot thailand slot77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor result sgp slot dana slot maxwin slot online slot shopeepay slot online slot gacor slot online slot gacor parlay slot dana slot gacor slot online sbobet slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot shopeepay slot gacor slot gacor slot shopeepay slot gacor slot gacor slot gacor slot thailand slot gacor Delta88