TIPE PERILAKU KONSUMEN PEMBELIAN JAMU TRADISIONAL DI KABUPATEN SUKOHARJO

Dwi Ratnasari, Erlyna Wida Riptanti, Kusnandar Kusnandar

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat keterlibatan konsumen, perbedaan antar merek jamu tradisional, dan tipe perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian jamu tradisional di Kabupaten Sukoharjo. Metode deskriptif analitis digunakan sebagai metode dasar penelitian. Teknik survei digunakan dalam pengumpulan data. Pasar Jamu Nguter Sukoharjo dipilih secara purposive sebagai lokasi penelitian. Sebanyak 100 konsumen yang diambil sebagai responden secara purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis desain inventaris keterlibatan, analisis uji Anova satu arah, dan model tipe perilaku konsumen. Hasil penelitian diketahui konsumen memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Perbedaan antar merek jamu tradisional di Kabupaten Sukoharjo adalah signifikan. Tipe perilaku konsumen jamu tradisional adalah perilaku pembelian kompleks. Konsumen melakukan pencarian informasi terkait jamu tradisional dan menilai terdapat perbedaan yang jelas dan nyata di antara merek-merek jamu tradisional. 


Keywords


desain inventaris keterlibatan, perbedaan antar merek, perilaku pembelian kompleks

Full Text:

PDF

References


Andriati dan Wahjudi, T. 2016. Tingkat Penerimaan Penggunaan Jamu sebagai Alternatif Penggunaan Obat Modern pada Masyarakat Ekonomi Rendah, Menengah dan Atas. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik. 29(3): 133-145.

Aruan, L.S. 2021. Peran Merek dalam Bahasa Asing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan. 2(2): 430-444.

Batubara, I., Purnaningsih, N dan Mawasti, T. 2020. Profil Produk Jamu Industri Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Jamu Indonesia. 5(3): 106-113.

BPS Sukoharjo. 2022. Sukoharjo Dalam Angka 2022. BPS Sukoharjo.

Cahyaningrum, N.S., Puspitojati, E dan Arifin, M. 2021. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Membeli Jamu Instan Produksi Kelompok Jati Husada Mulya Desa Ag=rgomulyo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Jurnal Agrica Ekstensia. 15(2): 93-100.

Chalil, R.D dan Sari, J.D. 2021. Pengaruh Konsumen Keterlibatan Tinggi dan Konsumen Keterlibatan Rendah pada Niat Pembelian Ulang dan Word of Mouth Communication. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 3(1): 84-110.

Dewati, R dan Saputro, A. 2020. Persepsi Konsumen terhadap Pembelian Produk Herbal di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian. 4(2): 144-152.

Dewi, R.S., Aryani, F., Pratiwi, E dan Agustini, T. 2019. Persepsi Masyarakat Mengenai Obat Tradisional di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia. 8(2): 75-79.

Effendi, S dan Tukiran. 2017. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.

Indrasti, D dan Siliyya, F. 2021. Atribut Minuman Teh Kemasan Siap Minum yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen di Kabupaten Tegal. Jurnal Mutu Pangan. 8(2): 70-79.

Isnawati, D.L. 2021. Minuman Jamu Tradisional Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat di Kerajaan Majapahit Pada Abad Ke-14 Masehi. Jurnal Pendidikan Sejarah. 11(2): 28-38.

Kurniawati, N., Supardi, S dan Sundari, M.T. 2017. Analisis Perilaku Konsumen dalam Melakukan Pembelian Kecap Manis di Pasar Tradisional Kabupaten Kebumen. Jurnal Agrista. 5(2): 12-21.

Maryani, H., Kristiana, L dan Lestari, W. 2016. Faktor dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Jamu Saintifik. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 19(3): 200-210.

Maulana, I. 2020. Peran Pengetahuan Konsumen, Keterlibatan Konsumen, dan Faktor Psikologis Konsumen pada Intensi Beralih Pelanggan Departement Store Purwakarta ke Belanja Daring. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 7(2): 49-51.

Mulyani, H., Widyastuti, S.H dan Ekowati, V.I. 2016. Tumbuhan Herbal sebagai Jamu Pengobatan Tradisional terhadap Penyakit dalam Serat Primbon Jampi Jawa Jilid I. Jurnal Penelitian Humaniora. 21(2): 73-91.

Munadi, E dan Salim, Z. 2017. Info Komoditi Tanaman Obat. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan. Pustaka Utama. Jakarta.

Musay, F.P. 2013. Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 3(2): 1-7.

Nuraini, R.A dan Kurnianingsih, H. 2021 Marketing Mix Effect on Purchase Decision of Traditional Jamu Sabdo Palon. Jurnal Mantik. 4(4): 2478-2485.

Orivia, A.I., Cantika, J., Nanggala, A dan Rusdiyatmi, N. 2021. Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen; Studi Kasus pada Kafe Jamu Sukoharjo. Seminar Nasional Hubisintek. 3(1): 736-743.

Putri, L.H. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy. Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis. 1(2): 162-170.

Rahayu, S.A. 2017. Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Tradisional di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak dipublikasikan.

Riduwan., Rusyana, A dan Enas. 2013. Cara Mudah Belajar SPSS 17 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sari, Y., Rahayu, E.S dan Utami, B.W. 2015. Perilaku Konsumen Perkotaan Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Tradisional di Surakarta. Jurnal Agrista. 3(3): 340-349.

Simamora, B. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Gramedia. Jakarta.

Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia. Jakarta.

Solikah, U.M dan Dewi, T.R. 2017. Model Tipe Perilaku Konsumen dalam Membeli Teh di Kabupaten Surakarta. Jurnal Agronomika. 12(1): 50-54.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sulasih., Adawiyah, W.R dan Adi, P.H. 2021. Model Theory of Planned Behaviour dalam Memprediksi Perilaku Konsumsi Jamu Perspektif Konsumsi Islam serta Implikasi pada Strategi Pemasaran. Jurnal Muslim Heritage. 6(2): 405-421.

Tilaar, M. 2014. The Power of Jamu: Kekayaan dan Kearifan Lokal Indonesia. Gramedia. Jakarta.

Wibowo, I.P.M., Rahayu, E.S dan Sutrisno, J. 2017. Analisis Perilaku Konsumen Beras Bermerek di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Agrista. 5(1): 182-190.

Wicaksono, B., Rahayu, P dan Mukaromah, H. 2018. Persepsi Perilaku Industri Terhadap Program Pengembangan Sentra Industri Jamu di Desa Nguter Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanan Partisipatif. 13(2): 210-234.

Yuliana, R., Sutrisno, J dan Dewi, T.R. 2021. Analisis Tipe Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Membeli Produk Teh di Kota Surakarta. Jurnal Daun. 8(1): 43-52.




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v5i2.7118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id