PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CAFE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GENERASI Y PADA KEDAI KOPI DI KOTA PANGKALPINANG

Syarifah Wasila, Eni Karsiningsih, Muntoro Muntoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan generasi Y dalam melakukan pembelian pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang. Pengambilan data penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 sampai Januari 2023 di kedai kopi Kota Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, dan cafe atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan generasi Y. Sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan generasi Y. 


Keywords


pelayanan,produk,harga,cafe atmosphere, kedai kopi

Full Text:

PDF

References


Aditya, I. W., Nocianitri, K. A., & Yusasrini, N. L. A. (2016). Kajian Kandungan Kafein Kopi Bubuk, Nilai pH dan Karakteristik Aroma dan Rasa Seduhan Kopi Jantan (Pea berry coffee) dan Betina (Flat beans coffee) Jenis Arabika dan Robusta. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan (Itepa), 5(1), 1–12. https://ojs.unud.ac.id/index.php/itepa/arti cle/view/22653

Arisanti, P. (2021). Tren Gaya Hidup Milenial, Identitas Sosial dan Desain Coffe Shop. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(4), 579–590. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i4.3318

Beibei, H., Shiyang, W., & Jiahong, X. (2013). Customer Loyalty to Coffee Shops: A study of Swedish Generation Y. Makardalens Hogskola Eskilstuna Vasteras, 1–46. https://www.academia.edu/12122767/Customer_Loyalty_to_Coffee_Shops_A_study_of_Swedish_Generation_Y_Students

BPS Indonesia. 2021. Badan Pusat Statistik. diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk2020.html, pada 30 Oktober 2022

Chotimah, T. H., & Parantika, A. (2022). Analisis Perilaku Pelanggan Generasi Y Dan Z Dalam Memilih Coffee Shop Brand Lokal. Open Journal Systems, 17(1978), 975–982.

Darmawan, K. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Proceedings, 1(1), 360–371. http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress%0ADampak

Direktorat jendral perkebunan. (2023). statistik perkebunan Indonesia 2021-2022. Kementrian pertanian. Jakarta.

Effendy, F. H. (2019). Effect of Quality Service, Price and Store Atmosphere on Customer Satisfaction (Study on Cangkir Coffee Shop in Surabaya). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 123–148. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i2.2033

Ginting, M. 2022. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Pada Kedai kopi Di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang [SKRIPSI]. Balunijuk: Universitas Bangka Belitung https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Kakambong, M., Kalangi, J. A. F., Punuindoong, A. Y., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2020). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kopi 14. Productivity, 1(4), 361–367. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/30229

Kementerian Koperasi dan UKM 2022. Dashboard Online Data System (ODS) UMKM. diakses dari http://umkm.depkop.go.id/, pada 26 September 2022

Kristianto, D., Bisnis, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2019). Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Generasi Y pada Coffee Shop di Surabaya , dengan Coffee Presentation sebagai Variabel Moderasi. 5(1), 44–60.

kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (A. Maulana, D. Banadi, & W. Hardani (eds.); Ed.12). Jakarta.

Lestari, T. (2022). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Kedai Kopi Di Kota Pangkalpinang. In Universitas Bangka Belitung. Bangka Belitung.

Novita, E., Widjaja, R. S., Kristanti, M., Perhotelan, M., & Petra, U. K. (2016). Analisa pengaruh physical environment terhadap minat beli konsumen di kafe-kafe. Jurnal Perhotelan Dan Manajemen Jasa, 2000, 411–423. https://www.neliti.com/publications/82814/analisa-pengaruh-physical-environment-terhadap-minat-beli-konsumen-di-kafe-kafe

Pratomo, G. H., & Levyda, L. (2022). faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan coffee shop. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1(4), 130–138.

Safitri, D., Nurikhsan, F., Indrianie, W. S., & Indrianie, W. S. (2019). Fenomena Coffe Shop Di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika, 9(2), 137. https://doi.org/10.20884/wk.v9i2.1962

Sari, wulan purnama. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen pada cafe opel di kecamatan kelapa kabupaten bangka barat. universitas bangka belitung.

Sawitri, H., & Yuziani. (2021). Gender dan kebiasaan minum kopi pada mahasiswa program studi kedokteran universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis4, 16(4), 168–172. jurnal.stikesnh.ac.id

Sukatmadiredja, N., 2016. Analisis Perilaku Terhadap Perubahan Warung Kopi Di Kecamatan Rungkut Surabaya. Jurna Penelitian Ilmu Manajemen , Vol.2(No.1).

Susanti, A., Triana Dewi, P. S., & Adnyana Putra, I. W. Y. (2021). Desain Interior Coffee Shop di Denpasar dan Loyalitas Konsumennya : Generasi Y dan Z. Waca Cipta Ruang, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.34010/wcr.v7i1.4383




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v5i2.7315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id