KONTRIBUSI PEREMPUAN PEDAGANG SAYUR TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI PASAR TELAGA KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Febrianti Abubakar, Yanti Saleh, Yuliana Bakari

Abstract


Pasar Tradisonal Telaga ini sebagai pusat kegiatan perekonomian di Telaga Kabupaten Gorontalo. Pasarini beroperasi pada setiap hari Jumat dan Minggu.Perempuan pedagang sayur yang ada di pasar Tradisonal Telaga terdiri dari berbagai latar belakang suku, seperti Gorontalo dan Jawa. Perempuanpedagang sayur memiliki peran penting selainmengatasi kemiskinan yang dialaminya, mereka juga memiliki peran secara ekonomi bagi negara.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi perempuan pedangan sayur terhadap pendapatan keluarga. Metode yang digunakan adalah survey dengan sampel sebanyak 20 responden. Menggunakan prosedur analisis pendapatan dan analisis kontribusi. Hasil analisis menunjukan bahwa Besarnya kontribusiwanita pedagang sayur terhadap pendapatan keluargayaitu rata-rata sebesar 55,9% dan dapat diambilkesimpulan bahwa kontribusi wanita pedagang sayur memiliki kontribusi yang besar dan peranan penting dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga khususnya di Telaga.

Keywords


Analisis Kontribusi, Perempuan Pedagang Sayur

Full Text:

PDF

References


Baroleh, Jenny.,(2018). Peranan Perempuan Pedagang Sayuran Terhadap Pendapatan Keluarga di Pasar Pinasungkulan Karombasan Manado. ASE, 12, 91-104.

Noviyana dkk. (2020). Peranan Perempuan Pedagang Sayuran Terhadap Pendapatan Keluarga. Ilmu Pertanian dan Peternakan, 8.

Sari, RS, dkk. 2014. Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Penjahit Kain Perca terhadap Pendapatan Total Keluarga. Jurnal FKIP Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v5i2.7474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id