ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOPI LAWE DI KOTA SURAKARTA DENGAN METODE SWOT DAN QSPM
Abstract
Peluang usaha coffee shop meluas dari daerah perkotaan sampai pedesaan. Meningkatnya jumlah coffee shop menimbulkan persaingan pemasaran, hal ini didukung dengan adanya perkembangan teknologi menuju pasar persaingan. Terdapat hambatan dalam pemasaran di Kopi Lawe Kota Surakarta yang menjadi ancaman bagi perusahaan, sehingga perlu analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal sehingga dapat menghasilkan alternatif strategi yang dapat digunakan Kopi Lawe Surakarta dalam melakukan kegiatan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi umum pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta, (2) mengidentifikasi faktor internal pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta, (3) mengidentifikasi faktor eksternal pemasaran produk Kopi Lawe di Kota Surakarta, (4) merumuskan alternatif strategi yang diterapkan dalam pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta, dan (5) merumuskan prioritas strategi untuk pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan mixed method serta metode penentuan lokasi secara purposive. Key informan yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara purposive dan snowball. Analisis yang digunakan yaitu (1) Matriks IFE dan EFE (2) Matriks Grand Strategy dan Matriks SWOT (3) Matriks QSPM. Hasil penelitian terdapat 4 alternatif strategi dari matriks SWOT. Prioritas strategi untuk pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta adalah menjaga kualitas produk dan tenaga kerja dengan nilai STAS 6,172.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggia, T. R., Kawet, L., & Ogi, I. 2015. Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 3(2): 1041-1050.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Udayana University. Bali.
David, F.R. 2016. Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Penerbit Salemba Empat. Jakarta Selatan.
Faradisa, I., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. 2016. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Cafe). Journal of Management. 2(2): 1-13.
Google Maps. 2022. Kopi Lawe Kota Surakarta.Google Maps. Diakses dari https://goo.gl/maps/w5hpmV8u6G5m3wm38
International Coffee Organization (ICO). 2020. Konsumsi Kopi Domestik di Indonesia Periode 2014-2019. Databoks. London.
Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. 2022. Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB). 4(1): 527-545.
Maharani, D., Kusnandar, K., & Ani, S. W. 2019. Analisis Usaha Dan Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Tempe Kedelai Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 15(2): 136-146.
Maulidasari, C. D., & Damrus, D. D. 2021. Dampak Promosi Produk Pada Pemasaran Online. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen. 5(1): 137-142.
Michelle, M. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantina. Jurnal Agora. 7(1):1-6.
Prayudi, D., & Yulistria, R. 2020. Penggunaan Matriks SWOT Dan Metode QSPM Pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus Pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship. 9(2): 224 – 240.
Primadona, Y., & Rafiqi, Y. 2019. Analisis SWOT Pada Strategi Persaingan Usaha Minimarket Madina Purbaratu Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah. 4(1): 49-60.
Qisthiansyah, R. D., & Saefuloh, D. 2020. Pengaruh Inovasi Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus G3 Coffee And Farm Bandung). In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Politeknik Negeri Bandung . Bandung.
Rahmadini, G. N., & Suyanto, A. M. A. 2020. Model Pengembangan Strategi Manajemen Pikiran Rakyat Model Strategic Management Development Of Pikiran Rakyat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA). 4(2): 724-740.
Rahman, T. A., Sutarto, S., & Wibowo, A. 2018. Pengembangan kampung sayur organik di Ngemplak Sutan, Mojosongo, Jebres, Surakarta. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 14(1): 8-17.
Renaldi, D. 2021. Pengaruh Layanan Go Food Dan Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Di PT Evis Mandalia Anugrah (Kopi Kohi). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. 4(1): 194-203.
Roring, F. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Pembagian Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Danamon Cabang Manado. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 4(3): 131-181.
Rusandi., & Rusli, M. 2021. Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. 2(1): 48-60.
Said, I. 2017. Warung Kopi Dan Gaya Hidup Modern. Jurnal Al-Khitabah. 3(1): 33-47.
Satriadi., Wanawir., Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. 2021. Manajemen Pemasaran. Samudra Biru. Yogyakarta.
Sugiman, F., Novita, P., & Widjaja, D.C. 2013. Pengembangan Bisnis Dilihat Dari Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Pada Homestay Dhanesvara Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. 1(2): 362-375.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung
Suryaningtyas, D., Harahab, N., Riniwati, H. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Nelayan) Di UPTD Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Popoh, Desa Besole Kecamatan Besuki Tulungagung, Jawa Timur. Jurnal Sosial Ekonomi dan Ilmu Kelautan. 1(1): 43.
Susanti, A., Rismansyah, R., & Robyardi, E. 2022. Pengaruh Persepsi Harga Dan Lokasi Usaha Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Buket Di Kecamatan Seberang Ulu Ii Kota Palembang. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs). 15(3): 479-494.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset. Yogyakarta.
Toffin., & Majalah Mix. 2020. Brewing In Indonesia: Insights for Successful Coffee Shop Business. Toffin Indonesia. Jakarta.
Umboh, I. W., Mananeke, L., & Palandeng, I. 2022. Pengaruh Kualitas Bahan Baku, Proses Produksi Dan Kualitas Tenaga Kerja Terhadap Kualitas Produk Pada PT Cavron Global Lembean. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 10(2): 407-417.
DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v5i2.8465
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id