Editorial Policies

Focus and Scope

Artikel BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang belum diterbitkan di tempat lain yang meliputi:

Perbankan:

Efisiensi Perbankan; Peraturan Perbankan; Solvabilitas Bank dan Struktur Modal; Manajemen Bank (Perbankan MSDM, Pemasaran Bank, Operasi Bank); Manajemen Dana Bank; Perkreditan; CSR Bank; Stabilitas Keuangan; e-Banking; Manajemen Valuta Asing, Investasi Perbankan; Perbankan Internasional; Perbankan Syariah; Manajemen Likuiditas Bank; Pengambilan Keputusan Kebijakan Moneter dan Fiskal; Perbankan Online; Perbankan untuk Ritel; Perbankan untuk UMKM

Keuangan:

Akuntansi dan Pelaporan Keuangan; Alternatif Investasi; Penilaian Aktiva; Perilaku Keuangan; Keuangan Perusahaan; Tata Kelola dan Etika Perusahaan; Hedging dan Keuangan Derivatif; Keuangan Empiris; Akuntansi Keuangan; Ekonomi Keuangan; Rekayasa Keuangan; Peramalan Keuangan; Literasi Keuangan; Manajemen dan Analisis Risiko Keuangan; Teknologi Keuangan; Keuangan Internasional; Optimalisasi dan Perdagangan Portofolio; Peraturan Pasar dan Lembaga Keuangan; Keuangan Pedesaan; Model Stochastic untuk Harga Aset dan Instrumen; Risiko Sistemik; Perpajakan.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

  1. Artikel-artikel yang dipublikasikan di BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan di-review oleh 2 orang mitra bestari.
  2. Review jurnal menerapkan sistem double blind review.
  3. Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan dilakukan dengan sistem editorial dan reviewer juga dibantu dengan pengecekan pada Turnitin.
  4. Dalam melakukan review, reviewer mempertimbangkan: kebaruan topik, objektivitas, metode, dampak/ implikasi keilmuan, kesimpulan dan referensi. Memlih salah satu rekomendasi akhir yaitu: 
    • Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan
    • Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus melakukan review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing.
    • Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi naskah di review ulang.
    • Resubmit elsewhere: naskah ditolak dan disarnkan untuk diserahkan kepada jurnal lainnya.
    • Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat.
    • See comments: dibutuhkan revisi sesuai saran reviewer (berbentuk rekomendasi)
  5. Penerimaan sebuah artikel oleh Editor tergantung pada kebaruan penelitian, signifikansi artikel, kebenaran konten, tingkat orisinalitas, kejelasan deskripsi, dan kesesuaian dengan tujuan jurnal.

 

Publication Frequency

BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan diterbitkan dua kali dalam satu tahun (satu volume) secara periodik yaitu Bulan Februari dan Agustus

 

Open Access Policy

BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuanganmenyediakan akses terbuka langsung ke kontennya didasarkan pada prinsip bahwa artikel yang tersedia secara bebas untuk umum akan mendukung pengembangan sains secara global. Semua naskah artikel, yang diterima dan telah diterbitkan, akan tersedia dan gratis untuk diunduh di situs web. Pembaca dapat mengunduh dan mencetak artikel dan edisi yang diterbitkan secara gratis.