PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT MUSTIKA RATU TBK

Mira Rahmawati, Dedeh Sri Sudaryanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji besarnya pengaruh struktur modal terhadap return on equity pada PT Mustika Ratu Tbk. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatory. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan analisis time series menggunakan data sekunder yaitu laporan  keuangan PT Mustika Ratu Tbk periode 2006-2015. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan melalui uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara variabel memeliki keeratan dengan tingkat hubungan yang sangat rendah. Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 3,94%. Artinya bahwa pengaruh Struktur Modal terhadap Return on Equity (ROE) pada PT Mustika Ratu Tbk Tahun 2006-2015 adalah sebesar 3,94% dan sisanya 96,06% merupakan faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan struktur modal terhadap Return on Equity (ROE) pada PT Mustika Ratu Tbk.


Keywords


capital structure; return on equity; struktur modal

Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene dan Joel F Houston, (2012). Dasar Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Edith Theresa. (2012). Pengaruh struktur modal (debt to equity ratio) terhadap profitabilitas (return on equity) studi komperatif pada perusahaan industri tekstil garment yang terdaftar di BEI periode 2006-2010. Universitas Hasanuddin Makassar.

Elisa Purwitasari. (2013). Pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Universitas Diponegoro. Semarang.

Fahmi, Irham. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

————―. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Margaretha, Farah dan Ramadhan, Aditya Rizky. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Industri Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Edisi 2, Vol. 12.




DOI: https://doi.org/10.37058/banku.v1i1.1511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan



BanKu:Jurnal Perbankan dan Keuangan
Jurusan Perbankan dan Keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya
Kode Pos 46115 Telepon: (0265) 323534

 

Creative Commons License
BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan by Program Studi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://http://jurnal.unsil.ac.id/banku

BanKu Stats