Analisis Persepsi Nasabah dalam Mengakses Layanan Digital pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tanjungbalai

Rohana Pauliza Nasution, Ahmad Amin Dalimunthe, Mawaddah Irham

Abstract


Pada saat ini industri perbankan mulai beralih ke sistem digital yang mana dalam prosesnya memerlukan adaptasi untuk diperkenalkan kemasyarakat. Selama diluncurkannya layanan digital banyak masyarakat yang kesulitan atau kurangnya edukasi tentang layanan digital tersebut. Melihat akan hal itu, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akses layanan digital pada Bank Syariah Indonesia KCP Tanjungbalai dan bagaimana persepsi nasabah dalam mengakses digital BSI pada Bank Syariah Indonesia KCP Tanjungbalai. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, dilakukan wawancara langsung dengan pegawai pada PT Bank Syariah Indonesia Kcp Tanjungbalai dan kepada 10 informan yaitu nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia Kcp Tanjungbalai. Berdasarkan kajian hasil penelitian dan pembahasan penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan pelayanan, Bank Syariah Indonesia Kcp Tanjungbalai memanfaatkan teknologi sebagai media untuk bertransaksi Layanan digital yang diterapkan tentunya untuk mempermudah segala transaksi keuangan nasabah dan agar pelayanan jadi semakin cepat. Layanan digital yang diterapkan tentunya memiliki fitur-fitur yang lengkap, mudah untuk di akses, mudah untuk dipahami dan dimengerti dan memiliki tampilan yang islami. Persepsi nasabah dalam mengakses layanan digital bsi bahwasanya mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi dan layanan digital yang telah diterapkan mudah untuk diakses oleh nasabah. Persepsi lain adalah bahwasanya pengalaman, pengetahuan juga diperlukan untuk kemudahan dalam mengakses layanan digital tersebut.

Keywords


Persepsi; Akses Layanan; Layanan Digital

Full Text:

PDF

References


Cahyana, I. (2019). Sistem Layanan Digital Perbankan Syariah (Studi Kasus Pembukaan Rekening Tabungan Faedah Berbasis EË—form Pada BRISyariah Kc Semarang) Tugas Akhir, Program Studi (D3) Perbankan Syariah. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kurniawati, H., Winarno, W., & Arif, A. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4563.

Marimin, A., Romdhoni, A. H., & Fitria, T. N. (2015). Perkembangan Bank Syariah di Indoneisa. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v1i02.30

Marpaung, P. N. (2022). Wawancara Kepada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Tanjungbalai.

Novita, sari. (2022). Analisis Pengaruh Teknologi, Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Mobile Banking Pada Bank Syariah (Studi kasus pada nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Buaran). Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Putri, Feby, W. (2022). Pengaruh Efektivitas, Kemudahan Dan Keamanan Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Salamah, & Murti, A. (2020). Dampak Digitalisasi Terhadap Peran Front Office Dalam Bisnis Perbankan. DOI: 10.34203/jimfe.v6i2.2055.

Soemitra, A. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Prenadademia Group.

Suryanti, E. (2021). Aspek Hukum Pelaksanaan Merger Pada Bank Syariah BUMN (Bank BRI Syariah Tbk, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Universitas Sumatera Utara.

Wulandari, S. (2021). Pemahaman Nasabah Dalam Mengakses Layanan Digital BSI. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Yulita, Y. (2021). Faktor Penggunaan Layanan Digital BSI KCP Ipuh. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.37058/banku.v4i1.6691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

BanKu:Jurnal Perbankan dan Keuangan
Jurusan Perbankan dan Keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya
Kode Pos 46115 Telepon: (0265) 323534

 

Creative Commons License
BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan by Program Studi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://http://jurnal.unsil.ac.id/banku

BanKu Stats